Peneliti Amerika Serikat Berhasil Ciptakan Teknologi Pengisian Baterai dengan Goyangan



Kalau Anda mengira teknologi pengisian baterai secara wireless sangat canggih, tunggu sampai Anda mendengar teknologi terbaru yang diciptakan oleh para peneliti dari Virginia Tech. Dikutip dari Gizmodo, para peneliti tersebut baru saja menciptakan sebuah teknologi pengisian baterai hanya dengan menggoyangkannya.

Tentu saja prinsip kerja baterai tersebut tak melibatkan ilmu sihir seperti pada film Harry Potter dan sebagainya. Melainkan sepenuhnya menggunakan teknologi. Peneliti memanfaatkan energi getaran dan gerakan yang kemudian dikonversi menjadi tenaga listrik menggunakan material piezoelektrik.

Dalam percobaannya, para peneliti yang dipimpin oleh Shashank Priya memakai Zinc Oksida yang memiliki sifat piezoelektrik. Bahan tersebut pun memiliki kemampuan untuk mengubah tekanan dan vibrasi menjadi energi listrik yang kemungkinan bisa digunakan untuk mengisi baterai.

Dalam sebuah percobaan, para peneliti hanya mampu mengirimkan energi listrik sebesar 50 milivolt dan masih menggunakan kondisi khusus. Sayangnya, jumlah energi tersebut masih jauh jika dibutuhkan untuk memberikan pasokan energi untuk handset secara kontinyu. Jadi, masih butuh waktu beberapa lama untuk menggunakan teknologi ini di pasaran.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo