Kejayaan iOS, Kemuraman Android, dan Kelegaan Windows Phone

Kekalahan Samsung atas Apple di meja hijau bukan hanya merugikan vendor gadget asal Korea Selatan itu, namun juga bikin ketar-ketir vendor lain yang turut mengusung Android. Apa pun hasilnya, adalah Windows Phone yang ikut tertawa lega.

Ya, kemenangan Apple atas Samsung di pengadilan San Jose, California, AS akan membawa sukacita bagi kubu Apple. CEO Apple, Tim Cook, mungkin tengah bersulang bersama timnya atas kejayaan yang baru saja diraih. 

Juri yang terdiri dari sembilan orang telah mengabulkan sebagian tuntutan yang diajukan oleh Apple atas pelanggaran paten yang dilakukan Samsung. Dari tuntutan sebesar USD 2,5 miliar atau sekitar Rp 23,7 triliun lebih kepada Samsung, juri hanya mengabulkan USD 1,051 miliar atau sekitar Rp 9,5 triliun, kurang dari setengah tuntutannya Apple.

Namun itu rasanya sudah cukup memberikan Apple angin segar untuk melanjutkan gugatan lainnya. Apple dipastikan akan terus mendesak pengadilan agar mengeluarkan larangan penjualan produk Samsung di AS. Tapi tak hanya itu, Apple juga mengincar produk-produk dengan OS Android lainnya.

Nah, kabar ini yang bikin ketar-ketir produsen lain. Bukan tidak mungkin, setelah Samsung, mereka yang selanjutnya akan dibidik Apple. Sudah bukan rahasia lagi, Apple sejak masih dipimpin Steve Jobs sangat benci terhadap Android besutan Google yang dituding telah mencuri ide iOS Apple.

Jobs sebelum wafat bahkan pernah sesumbar akan melancarkan "perang termonuklir" untuk melibas Android. Dan sekarang terbukti, apa yang dikatakan pendiri Apple itu tidak main-main. "Wasiat"-nya benar-benar dijalankan oleh Tim Cook cs tanpa kenal lelah.

Apple dalam pernyataannya menyambut baik keputusan dewan juri tersebut dan mengatakan pengadilan telah mengirimkan pesan yang jelas bahwa pencurian merupakan hal yang tidak dapat dibenarkan.

Sementara Samsung mengatakan keputusan itu merupakan kekalahan bagi konsumen di AS dan menyebut keputusan ini berpotensi untuk mendorong harga smartphone dan tablet PC menjadi lebih mahal karena variasi produk yang semakin sedikit.

Di lain pihak, saat vendor gadget pengusung Android was-was diterkam Apple dan pelanggannya kabur, CEO Microsoft Steve Ballmer bisa bernafas lega. Sebab, Windows Phone yang diusungnya bersama Nokia masih aman dari target gugatan Apple. Hasil ini bahkan bisa menjadi keuntungan bagi Windows Phone untuk ikut merebut pasar pengguna Android. 

"Kemenangan hari ini pasti jadi hari yang muram untuk platform Android. Ya, itu hanya Samsung. Dan ya, itu hanya beberapa fitur khusus dan paten. Tapi itu juga merupakan kemenangan terbesar dalam perang besar Apple melawan Android," tulis kolom di Mashable

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo