Kamera Konsep IRIS Dapat Memotret dengan Mengedip

Bayangkan sebuah viewfinder yang mengikuti mata Anda, selalu fokus terhadap apa yang Anda lihat, dan kemudian mengambil foto ketika Anda mengedipkan mata dua kali. Itulah ide di balik IRIS, sebuah konsep kamera oleh Mimi Zou.
“Saya memikirkan, apa jalan tengah terbaik antara kenyamanan kamera ponsel dengan performa sebuah DSLR,” ujar Zou, 24 tahun, yang sedang membuat IRIS sebagai mahasiswa S2 di Royal College of Art, London.


Ia telah membuat sebuah prototipe bentuk besar yang dapat melacak mata dan mengambil gambar ketika mata berkedip dua kali. Tantangan terbesar adalah bagaimana memindahkan konsep tersebut dari sistem di komputer ke dalam bentuk gadget.

Jadi, bagaimana bentuk akhir dari penelitian tersebut nantinya?

Pertama, Anda memegang kamera tersebut di depan mata sehingga kamera itu akan memindai selaput mata untuk mengidentifikasi Anda. Setelah kamera itu mengidentifikasi bahwa itu adalah Anda sendiri, kamera itu akan mengunduh semua setting kamera sebelumnya: ISO, aperture, penyesuaian kondisi, dan sebagainya. Kamera itu juga akan terus memasukkan foto ke Internet ketika terhubung Wi-Fi.

Zou mengatakan bahwa perangkat lunak ciptaannya sangat efektif dalam melacak pergerakan bola mata sehingga kamera dapat dengan cepat mencari titik fokus dan langsung mengambil foto atau merekam video. Walaupun Zou belum mendapatkan kepastian mengenai bantuan dana untuk membuat bentuk nyata sistem tersebut, sangat disayangkan jika orang-orang tidak akan menggunakan teknologi yang mirip dengan Project Glass dari Google itu.

Yang pasti, siapa pun yang pertama kali meluncurkan teknologi ini untuk masyarakat umum, ia pasti akan mendapatkan banyak uang dari kreasinya itu.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo