Tablet dan Laptop LOPC Mampu Dijalankan dengan Panel Surya 10W



Perkembangan teknologi kini kian pesat. Jika dulu sebuah komputer membutuhkan tenaga yang besar untuk dapat beroperasi, kini hal itu tak lagi dibutuhkan. Terbaru adalah komputer milik LOPC, yakni laptop Xo-1.75 dan tablet Xo-3.0.

Kedua perangkat murah tersebut memiliki tingkat efisiensi tenaga yang super. Bayangkan saja, tablet dan laptop tersebut mampu dijalankan dengan hanya menggunakan sumber tenaga dari panel surya. Hal ini seperti didemonstrasikan oleh pihak OLPC dalam video di bawah.

Tablet XO-3.0 dan laptop XO 1.75 menggunakan prosesor low power Marvell Armada PXA618 1GHz. Selain itu tablet dan laptop tersebut juga dilengkapi dengan layar low power yang didesain oleh Pixel Qi. Layar tersebut pun mampu dibaca meskipun di bawah terik matahari. Bahkan jenis layar ini memiliki efisiensi 80 persen lebih baik daripada layar konvensional.

Hasilnya, komputer tersebut hanya membutuhkan 5W untuk dapat beroperasi. Jadi, jika Anda menghubungkan perangkat tersebut dengan panel surya 10W, maka Anda dapat berbrowsing ria sepanjang hari.

http://www.youtube.com/watch?v=ITHNbOrPQyM

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo