Apple Rajai Pembelian Chip Tahun 2011


Apple nampaknya kian mengukuhkan dirinya sebagai produsen ponsel terpopuler di dunia. Berdasarkan laporan terbaru yang dibuat oleh lembaga penelitian bernama Gartner, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut menjadi pembeli chip terbanyak di dunia, mengalahkan Samsung. Total pada 2011, perusahaan dengan logo buah apel tersebut menggelontorkan uang sebesar 17.3 miliar USD untuk pembelian chip saja.


Tahun 2011 nampaknya menjadi tahun yang membahagiakan bagi perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut. Mereka mengalami kenaikan pemesanan sebesar 34.6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari semua pembelian chip di dunia, Apple mengambil porsi 5.7 persen di antaranya. Sementara Samsung dan HP berada di tempat kedua dengan jumlah prosentase 5.5 persen.

Jika Apple menjadi pemenang sebagai pembeli chip terbanyak di 2011, maka Nokia menjadi pecundang terbesar di tahun yang sama. Namun tentu saja hal ini bukanlah sebuah kejutan. Terlebih Nokia mengalami tahun yang cukup buruk, terutama di awal-awal 2011. Mereka mengalami penurunan peringkat dari posisi pertama ke posisi kelima.

Analis Gartner, Masatsune Yamaji mengatakan tahun 2011 didominasi oleh perkembangan driver untuk smartphone, tablet dan solid-state driver. Tak heran jika Apple dan Samsung yang merupakan dua kompetitor di dunia smartphone dan tablet memiliki jumlah pembelian yang cukup tinggi.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo