BBM Ajukan Gugatan Kepada Layanan BBM Milik RIM



Research in Motion kembali menerima gugatan hukum. Jika gugatan sebelumnya terkait dengan nama proyek OS mendatang RIM yang bernama BBX dan akhirnya berganti nama menjadi BlackBerry 10, kini gugatan datang karena layanan BlackBerry Messenger atau yang kerap disingkat BBM.

Sebuah perusahaan nonprofit bernama Bureau of Broadcast Management disingkat BBM yang berasal dari Kanada adalah pelaku gugatan tersebut. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa lembaganya sudah berdiri sejak tahun 1944. Merekapun sebelumnya sudah pernah menghubungi RIM melalui CEOnya, Jim MacLeod, agar RIM melakukan branding ulang terhadap layanannya itu.

Negosiasi sudah dilakukan pada tanggal 12 Agustus lalu, yang berujung pada kegagalan. MacLeod mengatakan bahwa nama BBM bukanlah milik RIM. Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Lazaridis itu, sambung MacLeod, hanya menggunakan nama BBM tak kurang dari setahun lalu ketika aplikasi BlackBerry Messenger diluncurkan untuk meningkatkan penjualan.

Sementara itu, dalam press rilisnya, RIM mengatakan bahwa perusahaannya sudah menggunakan akronim BBM sejak tahun 2005. Dan, lanjut RIM, kesamaan akronim tersebut tidak akan menimbulkan overlapping dengan BBM milik MacLeod, terlebih hal itu sah menurut hukum di Kanada.

Selanjutnya mereka mengemukakan bahwa kedua perusahaan bekerja dalam dua bidang yang berbeda dan tak saling berkompetisi. Oleh karena itu mereka meminta kepada pengadilan untuk membatalkan tuntutan tersebut. Lebih jauh lagi, pihak perusahaan mengatakan bahwa pendaftaran nama BBM di Canadian Intellectual Properti (CIPO) sedang dipending, dan akan dilanjutkan di masa mendatang.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo