Tips mempertahankan bisnis online seperti Facebook

Sepertinya semua orang menggunakan media jejaring sosial untuk mengembangkan bisnisnya. Ironisnya adalah produk yang sukses dari media sosial, bagaimanapun juga, akan menjadi sangat sulit untuk bertahan di tengah semua konten media sosial tersebut. Data yang mencolok dari PageLever, sekitar 800 juta pengguna Facebook tetapi hanya 7.5% dari penggemar Anda yang melihat update status Anda. Sysomos melaporkan bahwa hanya 29% dari followers Twitter anda yang melihat kicauan Anda. Jadi, bagaimanakah bisnis Anda bertahan ketika diabaikan dari dunia online? Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu mempertahankan bisnis online seperti dikutip dari time:

1. Mulailah dari Hal yang Mendasar

Tidak perlu dipertanyakan lagi, bisnis Anda harus memiliki website dan blog, serta harus berpartisipasi di empat jaringan sosial terbesar di dunia, yaitu Facebook, Twitter, Google+, dan Linkedln. Orang-orang akan mencari Anda untuk meminta layanan dan Anda tidak akan kehilangan kesempatan.

2. Mendirikan Tempat Khusus

Ketika Anda membuat bisnis, Anda harus memiliki audiens yang spesifik, maksudnya adalah  audiens yang akan paling mungkin membeli produk atau layanan Anda. Sebagai contoh, Kantor Hukum Rachel Rodgers memosisikan dirinya di kantornya sebagai “Penasihat Hukum untuk Pengusaha Inovatif Generasi X”. Jika anda terlalu umum dalam pekerjaan Anda, maka tidak ada sesuatu yang dapat menarik konsumen kepada Anda.

3. Buat Konten yang Berharga

Konten yang Anda publikasikan harus terkonsentrasi pada satu topik yang berkaitan dengan bisnis Anda. Status yang Anda update haruslah yang mengandung unsur penelitian, kutipan, fakta, cerita, dan gagasan, bukan basa-basi produk. Komentar Jeffrey Gitomer yang sangat terkenal, “Orang tidak suka untuk dijual tetapi mereka suka membeli”. Penjualan langsung melalui media sosial ternyata cara tercepat untuk menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Pasar Anda seharusnya ditarik ke konten yang berharga dan menarik, maka mereka para pelanggan kemudian akan melihat website Anda dan produk dan jasa Anda.

4. Berinteraksi dengan Audiens

Selain memproduksi konten secara teratur, Anda sangat perlu untuk berinteraksi dan mendengarkan dengan pengikut Anda. Dengan mendengarkan apa yang dikatakan orang tentang merek dagangan Anda, Anda dapat melayani mereka tentang produk dan konten secara langsung. Mulailah dengan menggunakan tools seperti Google Alert dan Twitter untuk memantau notifikasi dari produk anda.

5. Buat diri Anda ahli

Anda tidak bisa mengandalkan orang-orang menemukan situs Anda dengan sendirinya. Anda perlu proaktif sehingga Anda dapat berdiri di tengah kekacauan. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengeksploitasi kemampuan Anda, seperti menjadi sumber di salah satu artikel. Setiap kali Anda diwawancarai untuk sebuah artikel, pastikan nama perusahaan Anda disertakan, dan itu akan membuat audiens semakin tertarik dengan Anda. Dengan memiliki dukungan pihak ketiga dari outlet media, Anda akan menjadi lebih kredibel, terpercaya, dan visibilitas Anda akan terus berkembang. (Tri Puji)

1 comment:

  1. [...] bertahan ketika diabaikan dari dunia online? Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu mempertahankan bisnis online seperti dikutip dari [...]

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo