Pengguna Internet Explorer di Dunia Mengalami Penurunan Hingga 50%

Ini merupakan kabar gembira bagi para web desainer di seluruh dunia, bahkan mungkin mereka telah merayakannya. Bulan lalu, Internet Explorer menyatakan bahwa pengguna aplikasi mereka telah turun hingga di bawah 50 % untuk pertama kalinya selama lebih dari satu dekade. Selama ini perusahaan mereka terus bermimpi agar orang-orang menggunakan Internet Explorer 6 namun semua itu hanyalah menjadi mimpi buruk belaka.

Browser yang menjadi icon dari Microsoft ini masih dapat mengklaim kemenangan dari segi desktop browser dengan persentase senilai 52,63 % pengguna desktop yang masih menggunakan Internet Explorer, namun kini pengguna internet dari desktop bersaing dengan beberapa perangkat mobile seperti ponsel dan tablet. Akibatnya penggantian browser yang digunakan pun bergeser cukup cepat. Jika dihitung secara global untuk penggabungan pengguna desktop dan perangkat mobile, internet explorer telah mengalami penurunan pengguna hanya sampai di nilai 49,58 %. Jumlah ini adalah jumlah persentase pengguna internet explorer terkecil sejak tahun 1999 dan sekaligus juga menjadi penurunan yang sangat signifikan dari tahun 2004 saat internet explorer mencapai angka penggunaan sebesar 95 %.

Penurunan ini sepertinya merupakan hasil dari kehadiran chrome browser dari google atau yang biasa kita sebut dengan Google Chrome. Google Chrome mengambil jatah penggunaan browser pada desktop sebesar 17,62 %, sedangkan Mozilla firefox mengambil jatah 22,51 % dan Safari dari Apple masih baru menyentuh angka 5,43 %. Safari memang kurang populer untuk desktop namun browser dari apple ini mendominasi penggunaan internet di perangkat mobile dengan persentase sebesar 65 % dari total penggunaan internet di ponsel maupun tablet.

Sepertinya era dari Internet Explorer akan segera berakhir jika Microsoft tidak melakukan perubahan-perubahan yang inovatif. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo