Pendidikan Masa Depan dengan Basis E-Paper

Seperti yang telah banyak dibicarakan oleh orang-orang, sepertinya Tablet akan sangat berguna untuk digunakan dalam dunia pendidikan. Mungkin untuk saat ini masih banyak instansi-instansi pendidikan yang masih menggunakan peralatan-peralatan lama seperti buku maupun perangkat lainnya. Namun tablet menjanjikan suatu peranan penting yang diperkirakan dapat menggantikan semua fungsi dari tools pendidikan yang ada. Hal yang perlu dikembangkan dari tablet yang ada sekarang ini adalah menyingkirkan display luminescent yang mereka gunakan sekarang dan segera menggantinya dengan e-paper.

Untuk melakukan pergantian tersebut, ada dua kasus yang perlu dipertimbangkan: apakah e-paper lebih baik dari teknologi luminescent seperti LCD dan kelebihan apa saja yang ditawarkan e-paper untuk menunjang kegiatan akademik.

Diantara semua hal yang perlu dipertimbangkan dari display e-paper adalah dari segi daya tahan baterainya. Perangkat e-paper seperti e-book reader memiliki daya tahan yang sangat kuat dibandingkan dengan perangkat lainnya.

Pada e-paper Anda tentu akan lebih nyaman dalam membaca dan mempelajari suatu ilmu pengetahuan.  Hal ini disebabkan oleh sudut penglihatan atau angle dari e-paper yang tidak terhingga. Anda dapat membaca dari sisi manapun dan tidak akan merasakan sakit mata seperti saat membaca menggunakan LDC.

Namun dibalik kenyamanan yang ditawarkan oleh e-paper, terdapat satu hal utama yang melemahkan e-paper. Anda tidak akan dapat melakukan render warna secara efektif. Mungkin e-paper akan berguna untuk membaca suatu novel maupun textbook elektronik, namun kesulitan akan terjadi saat Anda ingin membaca grafik maupun gambar yang memiliki banyak warna. Kekurangan lainnya untuk e-paper saat ini adalah fitur-fiturnya yang masih sangat di bawah standart seperti tombol control dan lain-lain.

Oleh karena itu saat ini sangat dibutuhkan adalah tablet hybrid e-paper yang berupa suatu perangkat dengan fitur-fitur canggih namun memberikan kenyamanan pada penggunanya dalam hal belajar dan membaca. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo