Honda Meng-Upgrade Asimo dengan Sangat Mengagumkan

Siapa yang tidak kenal dengan asimo? Robot humanoid super pintar yang diciptakan oleh Honda ini baru saja ter-upgrade. Asimo terakhir di-upgrade pada tahun 2005 silam. Pada edisi 2011 ini Asimo memiliki postur tubuh yang lebih tipis, lebih ringan, lebih cepat, dan tentunya lebih cerdas dari pendahulunya.

Saat ini Asimo memiliki berat 48 kg, lebih ringan 6 kg dari sebelumnya. Selain itu ia juga memiliki 57 sendi, lebih dari 23 sendi dari yang terakhir kalinya, dan sekarang ia dapat berjalan 9 km/jam dari yang sebelumnya hanya 6 km/jam.

Berikut adalah spesifikasi Asimo yang terdahulu seperti dikutip dari gadget.com:


































Model



2000



2005



Berat



52 kg



54 kg



Tinggi



120 cm



130 cm



Lebar



45 cm



45 cm



Kecepatan berjalan



1.6 km/jam



2.7 km/jam



Banyak sendi



26



34



 

Kecerdasannya yang super canggih sangat memungkinkan bagi Asimo untuk menyimak percakapan antara orang yang berbeda, mengenali wajah dan suara-suara setiap pembicara bahkan ketika orang-orang berbicara secara bersamaan. Asimo juga dapat melakukan pekerjaan dengan menghentikan pekerjaan tersebut lalu dilanjutkan dengan pekerjaan lain. Contohnya adalah ketika Asimo membuka kaleng bir kemudian menuangkan bir tersebut ke dalam gelas.

Robot baru ini juga dapat menuruti perintah ketika tuannya menyuruhnya untuk menendang bola, Asimo kali ini dapat menendang bola dengan satu bahkan dengan kedua kakinya. Honda bahkan mengklaim bahwa Asimo dapat memprediksi arah langkah seseorang ketika berjalan dalam beberapa detik berikutnya dengan menggunakan pre-set space sensors. Selain itu juga Asimo dapat mencari jalan alternatif dalam kasus untuk menghindari kemungkinan tabrakan ketika berjalan.

Hal inilah yang membuat kita bertanya-tanya, apakah yang dapat Asimo lakukan pada tahun-tahun mendatang?(Tri Puji)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo