Nokia Memecat 3500 Karyawannya

Nokia mengumumkan bahwa mereka akan membebastugaskan 3500 orang dari pekerjaannya atau sekitar 6% dari jumlah pekerjanya. Hal ini diumumkan di Berlin pada hari kamis kemarin. Alhasil pabrik Nokia di Romania ditutup dan beberapa pabrik di Asia akan mengalami efisiensi dari segi jumlah pekerja. Pemotongan jumlah karyawan Nokia ini sudah terjadi dua kali pada tahun ini. Kejadian serupa sempat terjadi pada bulan April lalu dengan mereduksi karyawan mereka sebesar 12%.

Chief eksekutif Nokia, Stephen Elop, menggambarkan bahwa penutupan pabrik di Romania adalah bagian dari usaha perusahaan untuk melanjutkan tingkat produksi dan memenuhi permintaan konsumen akan smartphone. Oleh karena itu kini Nokia sedang mempersiapkan diri untuk menjalin kerja sama dengan Microsoft.

Stephen Elop juga mengeluarkan pernyataan bahwa nokia melihat suatu hambatan yang bertentangan dengan strategi mereka, diharapkan dengan perubahan rencana ini nokia akan menjadi lebih dinamis, nimble, dan lebih efisien. Beliau mengatakan bahwa langkah ini perlu dilakukan untuk memajukan perusahaan walaupun terasa sedih mengingat mereka harus memecat beberapa orang karyawannya.

Beberapa analis pasar tidak terlalu yakin dengan pernyataan Elop dan malah berpikir langkah ini justru tidak akan merubah apa-apa. Saham perusahaan sendiri telah jatuh sejak Nokia menyebutkan pada bulan Februari lalu bahwa mereka akan menggunakan Windows phone OS dari Microsoft.

Perusahaan telah memutuskan untuk mengabaikan Symbian yang selama ini telah menjadi otak dari handphone Nokia. Nokia sendiri mengharapkan untuk segera mengumumkan model ponsel pertamanya yang menjalankan OS Windows pada konferensi investor tanggal 26 Oktober nanti di London. Mereka mengklaim bahwa satu atau dua seluler yang akan dirilis nanti akan menjadi perangkat yang paling baik di akhir tahun ini. (Tirta)

via nytimes

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo