Mengenang 10 Tahun Munculnya iPod

Sepuluh tahun yang lalu, pada hari minggu, iPod telah diluncurkan. Pada saat itu peluncuran iPod tersebut tidak diiringi dengan hingar binger dan kehebohan seperti saat sekarang ini. Event peluncuran tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2001 di Cupertino Campus dari Apple untuk sebuah acara kecil yang mengundang beberapa jurnalis dan benar-benar sebuah peluncuran yang sangat sederhana.

Walaupun belum memiliki prestisi yang besar, namun pada masa itu Steve Jobs benar-benar yakin bahwa mereka akan menjadi pemenang karena beliau mengeluarkan iPod dengan kata-kata berikut ini :

“hal terbesar dari iPod adalah iPod dapat menyimpan 1000 lagu. Ini merupakan langkah besar karena bagi orang-orang yang ingin menyimpan banyak file music mereka, hal ini adalah suatu perubahan yang besar.”

Setelah mengucapkan kalimat tersebut beliau juga mengucapkan kata-kata sakti berikut ini:

“hal paling keren dari iPod ini adalah Anda dapat memiliki seluruh music yang Anda simpan dalam saku Anda.”

Ternyata benar, hal simple itulah yang menjadi suatu konsep yang dimengerti oleh orang banyak. Dengan kata-kata tersebut, almarhum Steve Jobs telah membuat suatu industry baru yang berbasis portable digital music player, sebuah industry yang akan didominasi oleh Apple pada dekade berikutnya, dan mungkin lebih lama lagi.

Perusahaan lain seperti Creative and Diamond Multimedia pada awalnya juga ikut terlibat disana, namun pada akhirnya Apple yang mengambil alih pasar.

Ide bagus tanpa sebuah implementasi yang bagus tidak akan menghasilkan apa-apa. Apple telah berhasil mengimplementasikan ide tersebut dan dituangkan dalam sebuah desain iPod yang unik dan berbeda dari yang lain. Factor desain juga sangat berpengaruh bagi kesuksesan perangkat ini. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo