Laptop Terjangkau Webbook untuk Afrika Selatan

Vodaphone dan Canonical telah mengumumkan hasil proyek bersama mereka yaitu Webbook dari Vodacom. Webbook ini adalah sebuah komputer mobile yang memiliki harga terjangkau untuk para pengguna komputer di Afrika Selatan. Keunikannya adalah perangkat ini menggunakan prosesor Freescale IMX 51 yang diklaim sebagai prosesor yang rendah konsumsi dayanya serta lebih ekonomis dari segi biaya. Dengan spesifikasi teknis yang seperti ini Webbook menjadi consumer Linux distribution pertama yang masuk dalam kategori mainstram dan dirancang untuk platform ARM.

TechCrunch telah mewawancarai Chris Kenyon selaku wakil presiden dari OEM Service Group Canonical. Webbook ini adalah produk yang menggunakan operating system Ubuntu dan merupakan produk hasil dari kolaborasi diantara perusahaan Canonical dan industry manufaktur komponen original yang dalam hal ini adalah Vodaphone. Berdasarkan pernyataan Kenyon, Vodaphone memiliki konsep produk spesifik di dalam diri perusahaan mereka dan telah menanyakan pada Canonical untuk meminta bantuan soal detail dari produk yang diinginkan. Vodaphone telah memberikan banyak bantuan termasuk diantaranya membuat dan mengetes ubuntu 11.10 komplit yang diinstalasi untuk ARM. Webbook diproduksi oleh industri manufaktur untuk Negara tertentu. Sesuai prediksi, tujuan, dan konten yang terdapat di dalamnya, webbook akan diluncurkan ke pasaran Afrika Selatan.

Canonical juga menjelaskan bahwa OS ubuntu adalah OS yang legal, memiliki banyak fitur, teknologi fleksibel yang menawarkan industry manufaktur dan para pembeli sebuah alternatif dalam hal operating system, aplikasi-aplikasi yang menjanjikan, dan akses ke cloud. Misi intinya adalah untuk membuat komputasi tersedia untuk semua orang.

Canonical mengharapkan akan mendistribusikan lebih dari sepuluh juta perangkat yang menggunakan OS Ubuntu lainnya dari beberapa merk seperti Lenovo, Acer, dan lainnya. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo