HAL si Robot Berjalan Unjuk Gigi di CEATEC 2011

CEATEC selalu dikenal sebagai pertunjukan produk-produk baru di dunia robotika tidak terkecuali untuk tahun ini. Intel dan CEO dari perusahaan Cyberdyne Jepang memamerkan HAL si robot berjalan dan menjelaskan bagaimana robot ini dapat memberi perubahan besar pada dunia pengobatan, game, dan olahraga.

TechRadar meliput pertunjukkan ini dari Jepang untuk melihat demo dari robot HAL dan melihat bagaimana proses robot ini bekerja. Pada dasarnya robot ini menghubungkan sinyal yang diberikan dari tubuh manusia dan meningkatkan kemampuannya setiap hari agar lebih menyerupai manusia, seperti berjalan.

Saat di panggung, penonton dan wartawan ditunjukkan oleh aksi-aksi mesin tersebut yang sangat menarik dan sedikit menakutkan. Semua itu dijalankan oleh komputer yang menempel pada punggung robot ini dan ternyata memiliki Intel di dalamnya.

Yoshiyuki Sankai, CEO dari Cyberdyne, naik ke panggung dan menjelaskan mengenai robot Hal ini, “Ini (HAL)  adalah robot pertama yang menggunakan sinyal dari tubuh manusia untuk menggerakkan robot. Robot ini menguat atau terus meningkat seperti manusia, Anda dapat menghubungkannya ke internet dan dapat digunakan pada mesin game. HAL tidak hanya menggunakan teknologi robotika tetapi neuro science, sosiologi, dan biologi.”

Cyberdyne bukan sebuah perusahaan yang hanya terbatas di Jepang, Sankai menjelaskan bahwa terdapat beberapa kantor di Jerman dan Swedia, jadi kita dapat melihat HAL si robot berjalan di beberapa titik di Eropa.

Teknologi robot terus mengalami perkembangan untuk mempermudah kebutuhan manusia. Tinggal menunggu waktu agar robot-robot tersebut tersebar dan memiliki harga yang stabil. Bayangkan kondisi dunia beberapa tahun lagi dengan keberadaan robot. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo