Google Maps Kini Tampil 3D dengan GPU-Hungry OpenGL



Pernahkah Anda menonton film 3D? Menarik bukan melihat sebuah gambar pada layar datang tampak seperti asli dengan gambar timbul yang tiga dimensi? Kini Google Maps mencoba mengambil ide tersebut untuk membuat fitur tersebut menampilkan citra tiga dimensi. Mulai hari ini, Google sedang mencoba teknologi WebGL pada map atau peta mereka.

Google mengatakan bahwa implementasi dari teknologi OpenGL ini akan menghasilkan mode zooming,rotasi, dan melihat secara lebih dalam (smooth) daripada metode lama yang digunakan Google Maps untuk menampilkan informasi tentang peta. Teknologi ini dilakukan dengan merender gambar tiga dimensi yang berdasar vektor menggunakan GPU dari komputer. OpenGL tidak membutuhkan software tambahan, tapi Anda akan membutuhkan sebuah browser yang di dalamnya telah ter-install OpenGL. Untuk saat ini Anda dapat mengakses OpenGL pada Firefox Beta dan Google Chrome yang merupakan satu-satunyabrowser yang memiliki kapabilitas untuk menggunakan Google Maps OpenGL beta.

Anda dapat mencoba menggunakan Google Maps dengan mengklik pada tulisan “want to try something new?”. Tombol tersebut terletak pada bagian sudut kiri bawah pada halaman peta. Namun perlu diingat, jika Google mengatakan bahwa Anda atau lebih tepatnya komputer dan laptop Anda memiliki GPU intergrated yang low-end, maka Anda tidak akan dapat menggunakan fitur ini karena kualitas komputer atau laptop Anda yang kurang memadai. Sebagai contoh dikabarkan bahwa MacBook Air yang dilengkapi oleh prosesor i7 itu tidak akan dapat menggunakan fitur ini. Penasaran ingin melihat gambar dari peta tempat Anda tinggal dengan bentuk tiga dimensi? Segera coba fitur ini sekarang juga. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo