Facebook Mengumumkan Skema ‘Trusted Friends’

Facebook telah mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan skema Facebook  ‘trusted friends’ yang dapat memberikan akses bagi teman dekat Anda untuk membantu ketika Anda mematikan account facebook Anda.

Skema ini membutuhkan seorang pengguna facebook untuk menominasikan sekitar tiga sampai lima orang yang terdekat dari mereka. Orang-orang yang telah dipilih sebagai ‘trusted friends’ tersebut kemudian harus memasukkan kode khusus dengan tujuan untuk mengenali identitas Anda atau pengguna itu sendiri.

Aplikasi ‘trusted friends’ ini akan menjadi aplikasi yang handy atau mudah digunakan sehingga apabila ada orang yang kesulitan melakukan penggantian password melalui mekanisme email, aplikasi ini akan sangat membantu terutama jika email Anda juga telah terkena hack oleh suatu pihak tidak bertanggung jawab.

Pada sebuah postingan di page facebook security, perusahaan jejaring sosial terbesar ini mengatakan bahwa fitur baru ini seolah-olah akan memberikan orang terdekat Anda kunci cadangan bagi rumah Anda. Tentu Anda menjadi lebih tenang dalam melakukan aktifitas sosial Anda di facebook dan tidak perlu takut jika Anda tiba-tiba kehilangan ‘kunci’ Anda. Sama saja kasusnya dengan Anda memberikan kunci rumah Anda kepada sahabat Anda ketika bepergian keluar kota.

Jika sesuatu terjadi pada account facebook Anda, pihak facebook sendiri akan memberikan informasi dari account Anda ke orang-orang terdekat atau ‘trusted friends’ yang telah Anda pilih sebelumnya.

Sejauh ini fitur ini bisa dibilang akan membawa banyak dampak positif pada penggunaannya. Semoga pihak facebook segera melakukan penyempurnaan pada fitur barunya dan menghilangkan bug-bug yang ada agar fitur ini tidak malah disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk melakukan hal kotor seperti hack atau sebagainya. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo