Akankah Tablet Dapat Membantu Kaum Autis untuk Berkomunikasi?

Jika Anda tidak memiliki badan yang sehat dan tidak memiliki cacat secara jasmani maka Anda perlu lebih bersyukur dengan keadaan diri Anda. Pernahkah Anda membayangkan sulitnya menjadi orang yang mengalami kekurangan dari segi berkomunikasi? Artikel ini mungkin akan sedikit menggugah hati Anda.

Beberapa waktu ini salah satu saluran TV internasional, CBS, menampilkan dalam program “60 minutes” mereka mengenai bagaimana tablet membantu anak-anak autis non-verbal untuk berkomunikasi dengan orang tua mereka. Seperti yang kita ketahui, Apple adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan tablet komputer touch screen dengan produk iPad dari mereka. Untuk lebih detail lagi CBS menyediakan video yang menggambarkan bagaimana mereka berkomunikasi dengan tablet pada situs mereka.

Aplikasi yang dapat digunakan oleh orang yang autis pada segmen ini adalah Proloquo2Go. Aplikasi ini telah dipasarkan ke orang tua dari anak-anak yang membutuhkan kebutuhan khusus terutama bagi mereka yang terkena autis,apraxia, dan kecacatan lainnya yang berefek pada susahnya berkomunikasi. Proloque2Go hanyalah salah satu dari berbagai aplikasi lain yang sudah dikembangkan dengan tujuan yang sama. Aplikasi-aplikasi semacam itu menyediakan beberapa kata-kata atau ucapan untuk menggantikan ucapan yang tidak berfungsi untuk meningkatkan interaksi sosial, performa sekolah, dan memberikan anak-anak tersebut kepercayaan diri lebih untuk menghargai dan merasa bangga dengan diri mereka sendiri.

Lesley Stahl selaku jurnalis atau wartawan dari cnet melaporkan bahwa dengan adanya tablet beserta aplikasi-aplikasi yang dapat membantu pada kaum lemah ini maka para orang-orang yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dapat menyampaikan hal yang mereka ingin utarakan dari otak mereka. Bahkan beberapa diantaranya baru bisa mengutarakan sesuatu untuk pertama kalinya setelah munculnya tablet. (Tirta)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo