5 Etika di Dunia Facebook

Facebook memberikan banyak kemudahan kepada orang yang memiliki banyak kesibukan. Melalui Facebook Anda dapat dengan cepat dan mudah terhubung dengan teman, keluarga, rekan kerja, bahkan teman lama Anda. Namun dibalik itu semua ada suatu permasalahan yaitu mengenai etika. Etika di dunia facebook tidak sama dengan etika bersosialisasi di dunia nyata. Faktanya mengelola suatu situasi sosial di dunia maya dapat menyebabkan suatu masalah.

Untuk mencegah terjadinya masalah tersebut, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal seperti “do and don’t” dalam facebook. Berikut lima etika penting yang sebaiknya Anda ikuti bila bersosialisasi di dunia facebook seperti dilansir lifeandbeautyweekly.com:

1. DO – menulis pesan personal ketika mengirimkan friend request
Jejaring sosial terkadang dapat menjadi tidak personal dan bisa saja tiba-tiba kita mendapat friend request dari orang tidak dikenal. Peter Meisner, produser berita dari Global BCTV, mengatakan sebaiknya kita menuliskan pesan singkat ketika mengirimkan friend request.

Jika Anda hendak mengirimkan friend request kepada orang yang belum dikenal, sebaiknya anda terlebih dahulu memulai dengan mengirim pesan pada orang tersebut, menunggu sampai ada respon, barulah Anda mengirim friend request.

2. DON’T – menjadi drama queen
Tidak salah untuk mengutarakan apa yang Anda rasakan dalam sebuah status atau tulisan di facebook, namun jika Anda membuat ini sebagai kebiasaan maka teman-teman Anda akan merasa lelah dengan semua keluhan Anda. Sebaiknya tetaplah berlaku positif dan menahan amarah walaupun di dunia maya.

3. DO – membuat dan mengatur friend list
Buatlah list yang tepat untuk mengelompokkan teman-teman. Anda tidak ingin bos melihat kelakuan gila Anda saat bersama teman-teman bukan? Dengan fitur list ini Anda dapat membagi informasi kepada kelompok teman yang telah dibuat.

4. DON’T – membuat facebook menjadi ajang popularitas
Tidak ada gunanya memiliki teman sangat banyak, kendalikanlah orang-orang yang akan Anda jadikan teman sehingga informasi personal Anda tidak terlalu ter-expose ke sembarang orang. Mengklik ignore pada friend request adalah hal yang biasa, facebook sendiri sudah dirancang untuk tidak memberitahukan apabila orang tersebut anda ignore.

5. DO – hati-hati terhadap apa yang Anda tulis
Bayangkan Anda berada di dunia nyata dan semua teman facebook Anda berada di depan Anda. Jika begitu Anda akan lebih berhati-hati dalam berbicara bukan? Jangan sampai Anda mengatakan suatu rahasia maupun hal-hal yang bisa menyinggung satu orang pun yang ada disana. (Tirta)

1 comment:

  1. [...] di tengah semua konten media sosial tersebut. Data yang mencolok dari PageLever, sekitar 800 juta pengguna Facebook tetapi hanya 7.5% dari penggemar Anda yang melihat update status Anda. Sysomos melaporkan bahwa [...]

    ReplyDelete

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo