Lindungi Smartphone Android Anda!

Para pengguna smartphone Android nampaknya harus mengambil tindakan pencegahan yang baik untuk melindungi data pribadi mereka dari pencurian. Ini merupakan saran penting karena pengembang aplikasi dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana untuk mengambil informasi kurang dari 60 detik.
Loredana Botezatu dari BitDefender, sebuah pembuat software keamanan merekomendasikan beberapa cara untuk mengamankan Android anda diantaranya, install aplikasi mobile anti-malware pada ponsel anda, jangan pernah menyimpan informasi yang berhubungan dengan pekerjaan pada ponsel anda kecuali jika data tersebut telah dienkripsi. Saran keamanan ini juga datang sebagai pengembang gray hat app yang telah merilis 5 aplikasi liar yang konon untuk tujuan studi yang dapat membersihkan semua data pada smartphone Android dalam waktu kurang dari satu menit.

Menurut BitDefender, cara kerja aplikasi tersebut adalah ketika salah satu aplikasi yang dimuat pada ponsel korban, mereka dapat diaktifkan dari jarak jauh oleh seorang pencuri cyber. Setelah diaktifkan, aplikasi ini mengirim kode lebih dari lima digit untuk menyusup dan secara diam-diam upload kontak, pesan, panggilan terakhir, dan history pada browser ke dalam ruang pengembang Cloud pada Android. Setelah itu, aplikasi ini uninstall dengan sendirinya sehingga target tidak akan tahu.

Untuk memperoleh data yang diambil dari ponsel korban, penyusup tersebut hanya perlu melakukan akses ke Cloud, masukkan kode lima digit yang dihasilkan oleh salinan mereka dan sebesar 5 dollar mereka dapat mencuri data tersebut.

Serangan terbaru banyak terjadi untuk ponsel Android tahun ini. Bahkan Android dianggap sebagai target matang para penjahat ponsel. Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh pembuat software keamanan cyber pada Agustus lalu, serangan pada Android oleh malware meningkat 76 persen selama tiga bulan sebelumnya, sehingga OS ini paling diserang oleh hacker planet ini.

Beberapa malware yang nakal telah dibuat menjadi lebih pintar. Sebagai contoh, sebuah aplikasi yang disebut Soundminer yang bekerja mendengarkan percakapan pada ponsel Android dan mampu mengenali ketika data kartu kredit diucapkan. Setelah mengidentifikasi seperti angka, ia rekam percakapan tersebut dan mengirimkannya ke Web. Banyaknya serangan ini mengingatkan pembeli untuk berhati-hati dalam menggunakan ponsel Android. Selain itu, tindakan pengaman seperti yang disebutkan diatas merupakan tindakan yang sangat penting.(Argha)

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo