Inilah Alasan BlackBerry PlayBook Banting Harga

Sungguh malang nasib BlackBerry PlayBook yang tidak setenar dengan smartphone  BlackBerry yang telah populer di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan pendapatan kuartal kedua perusahaan tersebut yang sangat merosot tajam. RIM kemudian mencari-cari cara mendongkrak penjualan BlackBerry PlayBook dengan melakukan banting harga PlayBook besar-besaran.

CEO Research in Motion, Jim Balsillie, melakukan banting harga ini ternyata sudah mulai dilakukan, setidaknya secara terbatas yaitu di lingkungan pegawai Rogers, operator seluler di Kanada yang telah lama menjalin kemitraan dengan RIM.

Rogers telah meluncurkan promosi internal penjualan ketiga model PlayBook dengan diskon hingga 50%. BlackBerry PlayBook 16GB dijual hanya seharga 249 dolar Kanada dari harga normal 499.99 dolar Kanada. Sementara model 32Gb turun dari 599.99 dolar Kanada menjadi 349 dolar, sedangkan PlayBook 64GB turun menjadi 399 dolar dari harga normal 699.99 dolar. Harga diskon ini mulai berlaku sejak tanggal 14 September lalu dan berakhir tanggal 1 Desember nanti.

Diskon hingga separuh harga ini diperkirakan dipengaruhi oleh angka penjualan PlayBook yang jeblok di kuartal lalu. Dari laporan yang ada, RIM hanya mampu mengirimkan sejumlah 200.000 unit BlackBerry PlayBook kepada toko ritel di kuartal lalu. Angka ini jauh dari angka penjualan Apple iPad 2 pada periode yang sama yang mencapai 9,25 juta unit. Melihat pencapaian penjualan ini, seorang analis bernama Brian Blair dari Wedge Partners memperkirakan bahwa PlayBook akan bernasib sama seperti HP TouchPad yaitu dihentikan produksinya dan menjadi produk gagal. Kita tunggu saja kelanjutan kisahnya.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo