10 Akuisisi Termahal Google

Google sebagai perusahaan maju dan memiliki banyak uang sering melakukan akusisi perusahaan yang dinilai memiliki kredibilitas tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk memperlebar jaring investasi yang telah dilakukan oleh Google untuk memperluas pangsa pasarnya bukan hanya di dunia maya yang terkenal dengan mesin pencarian google. Berikut merupakan 10 akusisi termahal Google yang disadur dari Mashable:

1. dMarc Broadcasting - USD 102 Juta

Di Januari 2006, Google mencaplok perusahaan advertising dMarc Broadcasting. Google kemudian mengintegrasikan dMarc pada layanan AdSens.

2. On2 Technologies - USD 133 Juta

Pada Februari 2010, Google membeli On2 Technologies, sebuah perusahaan teknologi video codec. Teknologi perusahaan ini kemudian dipakai Google untuk mengoptimalkan video format WebM.

3. Slide.com - USD 182 Juta

Google membeli Slide.com pada bulan Agustus 2010. Slide.com adalah developer pihak ketiga terbesar di Facebook sebelum Google mengakuisisinya.

4. Admeld - USD 400 Juta

Google membeli Admeld di bulan Juni 2011. Perusahaan ini fokus pada optimalisasi layanan online ad. Google mengintegrasikan Admeld dengan perusahaan akuisisinya yang lain yaitu DoubleClik serta Invite Media.

5. Postini - USD 625 Juta

Pada Juli 2007, Google mencaplok Postini. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang sekuriti web dan pengarsipan. Google membawa teknologi Postini ke Gmail untuk menghadang spam.

6. ITA Software - USD 700 Juta

ITA Software adalah perusahaan software di bidang industri travel. Google membelinya pada bulan Juli 2011 untuk meningkatkan kemampuan layanan mesin carinya di sektor travel dan penerbangan.

7. AdMob - USD 750 Juta

Google membeli AdMob pada November 2009. Perusahaan ini membantu Google mengembangkan solusi periklanan mobile.

8. YouTube - USD 1,65 Miliar

Akuisisi Google pada YouTube termasuk yang paling menghebohkan. YouTube dibeli pada Oktober 2006 dan sampai saat ini masih jaya di bidang video online.

9. Double Click - USD 3,1 Miliar

Jumlah uang yang harus dibayar untuk akuisisi DoubleClick adalah termahal kedua bagi Google. Google memanfaatkannya untuk mensupport AdSense.

10. Motorola Mobility - USD 12,5 Miliar

Inilah pembelian termahal Google. Dengan membeli Motorola Mobility, salah satu perusahaan handset besar dengan puluhan ribu paten, Google berharap ekosistem Android akan semakin kuat.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo