Wow, Apple-1 Dijual Seharga 210 Ribu Dollar


Sang pendiri Apple, Steve Jobs berencana menjual Apple generasi pertama yang berada di orang tuanya dengan harga sekitar 210 ribu dolar AS. Apple-1, demikian nama komputer generasi pertama Apple, diperkenalkan kepada publik tahun 1976. Kini, hanya beberapa unit yang masih beroperasi di dunia.

Seperti dikutip Telegraph, Bila membandingkan dengan generasi Apple teranyar, Apple-1 berkemampuan 1.000 lebih lambat ketimbang iPad. Hal itu lantaran Apple-1 memiliki kecepatan memori sebesar 8 kilobyte atau 524 ribu kali lebih kecil ketimbang standar Apple generasi terbaru. Meski begitu, harga yang dibanderol untuk unit ini mencapai 425 kali lipat dari harga aslinya

Lantaran terbilang benda antik, rumah lelang ternama di London, Christie sukses menjaring pengunjung yang ingin memiliki Apple-1. Tercatat seorang pebisnis dan pecinta seni kondang asal Italia, Marco Boglione mengikuti lelang. Francesco Boglione, saudara kandung Marco mengatakan saudaranya sangat tertarik dengan teknologi komputer. "Pertama kali mendengar ide tentang laptop berawal dari seorang Marco. Karena dia begitu mencintai teknologi komputer," paparnya.

Nantinya, pengunjung yang sukses memenangkan lelang akan mendapatkan manuskrip, lembaran fakta dan teks ilmiah dari pendiri Apple lain, Steve Wozniak. Wozniak dalam pengantarnya mengatakan dirinya begitu terkesan dengan perkembangan teknologi seperti Enigma, mesin pembuat kode milik Nazi Jerman, dan karya matematikawan asal Inggris Alan Turing yang kemudian menjadi penemu teknologi komputer modern.

"Hari ini, hati saya seolah mengajak untuk melihat dokumen Turing dan mesin Enigma
serta Apple-1. Perkembangan itu merupakan langkah penting, meski saya tidak merasakan apapun saat mendesainnya," papar dia.

Julian Wilson, dari rumah lelang Christie's mengatakan sebelum Apple-1, seseorang harus mengumpulkan motherboard koleksi pribadi, dan sepertinya akan membutuhkan keterampilan penyolderan. "Benda ini adalah pendahulu dari iPad, iPod dan iPhone. Ini bekerja langsung dari kotak, yang merupakan konsep asli. Garis keturunan Apple dapat ditelusuri kembali dari model. Sejauh yang kita tahu ada sekitar 200 yang dibuat dan mungkin hanya seperempatnya yang bertahan," ungkapnya

Apple-1 adalah generasi pertama era pra-komputer yang dirakit dan diproduksi massal. Saat itu belumlah dikenal monitor atau keyboard. Museum dan generasi baru kolektor merasa putus asa untuk mendapatkan contoh awal era pra komputer. Kini, contoh awal itu diperebutkan pribadi yang tertarik dengan sejarah era pra komputer dan cikal bakal kedigdayaan Apple.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo