Search Engine Alternatif, Blekko.com


Search engine atau mesin pencari alternatif Blekko.com mulai dirilis dalam versi beta pada hari ini. Proyek ini disokong dengan pendanaan sebesar 24 juta dollar AS dan mulai dibangun sejak tiga tahun lalu. Dengan adanya search engine alternatif blekko ini diharapkan mampu memberikan prespektif baru dalam menjelajahi dunia maya.

Seperti dikutip dari kompas, Blekko mengklaim search engine ini didesain untuk mengeliminasi spam yang jamak muncul dalam hasil pencarian dengan memasang tanda slashtag atau garis miring dalam setiap kata pencarian. Misalnya saja /aikido, /beatles, /wow, /twilight maupun /zen. User juga bisa membikin slashtag untuk dicatat dalam topik yang nantinya terdaftar di Blekko, menjadi follower slashtag yang sudah tersedia, dan melihat statistik atas tulisan maupun data yang sudah di-crawl oleh Blekko. Tak hanya itu, Blekko juga mengidentifikasi berapa banyaknya tulisan atau data yang dobel alias terduplikasi.

Blekko memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi kolom di sebelah kiri sesuai dengan kebutuhan. Bahkan terbuka bagi pengguna untuk membikin slashtag. Hanya saja, tetap mensyaratkan untuk login terlebih dahulu.

Blekko telah diuji coba dengan 8.000 orang yang membikin 3.000 slashtag yang berbeda. Tak kurang dari 11 persen existing user kembali menyambangi Blekko saban minggunya.

Diharapakan Blekko mampu menyaingi ketenaran dari Google dan Bing yang telah sukses di bidang mesin pencarian. Kita tunggu saja, perkembangan mesin pencarian ini, apakah mampu menyaingi Google dan Bing?

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo