iPhone 5, Hadirkan SIM Card Khusus



iPhone 5 akan menghadirkan sebuah SIM card khusus yang dapat diakses untuk seluruh jaringan operator seluler. SIM card ini dipasang oleh Apple sendiri yang kemudian dikoneksikan secara online ke App Store, selain itu ponsel Apple juga dikabarkan dapat dijadikan untuk alat pembayaran nirkabel seperti kartu kredit/debit melalui sebuah teknologi Near Field Communication atau NFC.

Seperti dikutip dari Techradar, NFC merupakan teknologi komunikasi nirkabel frekuensi tinggi dengan jangkauan area 10 cm/4 inci. Teknologi ini memudahkan pengguna untuk bertransaksi secara langsung melalui ponsel. Caranya dengan mendekatkan ponsel ke reader/pembaca yang kompatibel. Selain digunakan untuk belanja barang, teknologi ini juga dapat digunakan untuk sistem transportasi umum agar lebih efisien.

Untuk mewujudkan ide tersebut Apple bekerja sama dengan Gemalto. Dengan ROM khusus data dapat dimasukkan ke dalam kartu SIM yang berisi cara aktivasi iPhone 5 ke semua operator yang diinginkan pembeli.

Dengan cara ini maka Apple akan memiliki kontrol terhadap semua perangkat iPhone 5, mirip dengan BlackBerry yang memakai pin tertentu, namun dalam arti yang lebih luas. Cara ini juga akan memotong distribusi penjualan iPhone 5 karena calon pemakai bisa membeli langsung dari Apple tanpa melalui operator seluler dan tidak diperlukan penggantian kartu SIM jika pengguna ingin berpindah operator.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo