Bill Gates, Orang IT Paling Berpengaruh di Dunia



Majalah Forbes menempatkan Bill Gates pada posisi 40 besar orang yang paling berpengaruh di dunia, dan untuk urusan IT Bill Gates menempati posisi puncak.  Saat diwawancarai, Gates mengatakan dirinya telah pensiun dari Microsoft dan saat ini sedang mengurusi badan amal miliknya yang dinamakan Bill and Melinda Gates Foundation. Atas jasanya tersebut Forbes menempatkannya di posisi 10 orang paling berpengaruh di dunia.

Gates yang telah pensiun dari perusahaan software yang dibuatnya puluhan tahun silam, kini lebih memilih mengabdikan diri di dunia amal bersama istrinya dengan membentuk Bill and Melinda Gates Foundation. Atas dedikasinya tersebut Forbes pun menempatkannya di posisi 10 orang paling berpengaruh di dunia.

Untuk jajaran 10 besar, Gates merupakan satu-satunya pemain di dunia IT yang mendapatkan kehormatan menduduki posisi tersebut. Dirinya harus mengaku kalah dengan para pemimpin berbagai negara di dunia, seperti Hu Jintao, Barack Obama, King Andul Azis, Vladimir Putin, Paus Benedict XVI, Angela Merkel, David Cameron, Ben Bernanke, dan Sonia Gandhi, yang berturut-turut menduduki posisi 1 hingga 9.

Dalam jajaran 40 besar itu, Gates tidak sendiri. Untuk urusan dunia IT, Gates juga harus mengakui 'pengaruh' CEO Apple Steve Jobs yang juga masuk dalam deretan tersebut. Namun posisi Gates memang lebih tinggi tujuh tingkat jika dibanding Steve Jobs.

Pengaruh Gates dan Jobs ternyata mengalahkan Nicholas Sarkozy, Hillary Clinton, dan Carlos Slim Helu. Setelah pemimpin dunia tersebut, pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, masuk ke posisi 22 dan 23.

Pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, menduduki posisi 40. Robin Li, pendiri mesin pencari yang populer di China, Baidu, masuk ke posisi 46. Sedangkan Jeff Bezos, pendiri Amazon, muncul di posisi 66.

Yang paling mengejutkan, pendiri WikiLeaks, Julian Assange, masuk ke posisi 68 sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Forbes menyebut Assange sebagai pemimpin redaksi yang kontroversial dan provokator yang jenius.

"Pemerintah dan perusahaan yang memiliki 'usaha kotor' harus takut terhadap Assange, sangat takut," tulis Forbes, seperti dikutip melalui Telegraph

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo