Motorola Flipout dan Charm, Ponsel Android QWERTY


Motorola, salah satu produsen ponsel ternama asal Amerika baru saja meluncurkan dua ponsel Android-nya di negara tetangga kita, Singapura. Kedua ponsel tersebut adalah Motorola Flipout dan Motorola Charm yang menggunakan Android versi 2.1 eclair dengan Moto Blur. Berikut penjelasan menyeluruh dari kedua ponsel tersebut:

1. Motorola FLIPOUT


Motorola kembali menambah jajaran ponsel Android-nya. Kali ini, raksasa perusahaan telekomunikasi asal Illinois tersebut menghadirkan desain ponsel yang sedikit lebih unik. Bukan desain candybar horizontal ataupun slider, melainkan swivel (putar).

FLIPOUT  dilengkapi sistem operasi Android v2.1 (Eclair), ponsel mini berdimensi 6,7 x 6,7 x 1,7 cm dengan bobot 120 gram ini memiliki layar sentuh TFT sebesar 2,8 inci (320 x 240 piksel).

Selain itu, FLIPOUT  menyematkan kamera 3,15 MP (2048x1536 piksel) dengan perekam video, radio FM, dan A-GPS support untuk navigasi lokasi via Google Maps. Untuk kapasitas memori pun relatif besar, yakni 256 RAM dan 512 ROM. Sementara itu, kapasitas slot microSD bisa diekspansi hingga 32GB.

Di segi konektivitas, FLIPOUT tidak main-main. Berbeda dengan Nexian She dan LuxBerry 301, ponsel anyar Motorola tersebut mampu menyuguhkan akses data 3G HSDPA 7,2 Mbps dan HSUPA 2 Mbps dan Wi-Fi 802.11 b/g, di samping Bluetooth 2.1 dan microUSB 2.0.

Selain ditenagai prosesor TI OMAP3410 700 MHz, pada FLIPOUT juga dibenamkan user interface MOTOBLUR, yang mampu menyajikan akses ke dunia jejaring sosial melalui satu pintu secara real-time, termasuk Facebook, MySpace, Twitter, dan Gmail.

Kabarnya, melalui keterangan resmi Motorola yang dilansir laman GSM Arena, ponsel yang tersedia dalam tujuh pilihan warna, yaitu White, Fairway Green, Poppy Red, Raspberry Crush, Brilliant Blue, Licorice, dan Saffron, akan tersedia pada akhir kuartal II-2010. Meski demikian, sampai saat ini, Motorola enggan menginformasikan harga dan ketersediaannya di pasar. Menurut sumber yang sama, diperkirakan harga ponsel persegi ini berkisar Rp 3,2 juta.



2. Motorola Charm


Sebuah ponsel mirip Blackberry dengan OS Android muncul di pasaran. Adalah Motorola Charm yang diklaim Motorola sebagai ponsel pintar pertama di Amerika yang mengusung versi Motoblur dengan platform Android 2.1.

Motorola Charm dibekali prosesor 600 MHz, layar multitouch 2.8 inci dengan resolusi 320 x 240 pixel, keyboard full QWERTY, memori 2 GB yang bisa ditambah hingga 32 GB, web browser dengan dukungan Adobe Flash, kamera 3 megapiksel dengan teknologi Kodak Perfect Touch.

Charm juga dilengkapi fitur WiFi, Bluetooth 2.0 + EDR, Radio FM, A-GPS, Digital Compass serta fitur manajemen baterai untuk mengatur pemakaian baterai ponsel.

Ponsel Android ini juga hadir begitu unik dengan fitur navigasi Backtrack, sebuah pad navigasi yang terletak di bagian belakang layar. Charm juga dilengkapi dengan Crytaltalk PLUS, yaitu teknologi noise cancellation dengan dua microphone yang menghasilkan kualitas suara lebiah baik.

Namun harga terjangkau tidak lantas menyebabkan ponsel ini miskin fitur canggih, malah sebaliknya, tidak cukup dengan dukungan QWERTY keyboard ponsel ini juga menghadirkan layar sentuh berukuran 2.8” dengan sistem operasi Android 2.1 Eclair, kamera 3MP, WiFi, Bluetooth, Backtrack trackpad, Facebook, Twitter, MySpace, Gmail, PicasaTM, PhotoBucket, CrystalTalk TM Plus, Google Maps, Adobe Flash dan ‘Motoblur’ tampilan antarmuka khas Motorola.


Walupun didukung Android 2.1, namun kebanyakan aplikasi Android hanya didesain untuk layar portrait, menjadikan Motorola Charm berlayar landscape ini ponsel yang sedikit ‘pincang’ dengan dukungan aplikasi yang masih terbatas. Walaupun begitu ponsel ini tetap saja lebih memikat dibandingkan dengan ‘ponsel tidak pintar’ atau ponsel yang tidak didukung sistem operasi.



Menurut informasi yang diperoleh CyberNews, Charm akan hadir di musim panas melalui T-MObile USA, dan menyasar kalangan kelas menengah. Harga yang dilepas untuk Charm bersiar di bawah $150 dengan kontrak 2 tahun.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo