Inilah Software yang Buat Tangguh Facebook




Semua orang pastinya mengenal Facebook. Ya, memang situs jejaring sosial ini merupakan media pertemanan yang paling digemari di seluruh dunia. Betapa tidak, setiap harinya terdapat ratusan member baru. Nah, dengan banyaknya member baru tersebut, Facebook perlu melakukan perawatan. Perawatan ini ditunjukkan memberikan kinerja yang baik saat orang mengakses situs ini.

Perawatan atau istilahnya maintenece merupakan hal yang wajib bagi anda yang memiliki sebuah situs tidak terkecuali Facebook. Untuk itu diperlukannya suatu software yang mendukung dalam hal perawatan. Mau tahu software apa yang digunakan Facebook sehingga situs ini terlihat begitu hebat? (sumber: Pingdom)

Memcached, sebuah software yang bertugas untuk mendistribusikan cache memory di dalam Facebook. Konon, Facebook telah menggunakan aplikasi ini selama beberapa tahun. Namun tentunya dengan beberapa penyesuain terhadap kebutuhan saat ini.

HipHop for PHP, aplikasi ini bertugas untuk mengkonversi bahasa pemrograman PHP menjadi C++. Sehingga akan mempercepat pengolahan data di dalam Facebook.

Haystack, inilah aplikasi yang bertugas mengurusi storage foto di dalam database Facebook. Sebagai informasi, Facebook memiliki 80 miliar foto dengan beragam resolusi. Jadi dibutuhkan aplikasi yang benar-benar tangguh untuk mengeolanya.

Selain ketiga software tersebut, Facebook juga memiliki beberapa aplikasi lain seperti BigPipe, Cassandra, Scribe, Hadoop and Hive, Thrift, dan Varnish. Semua piranti lunak tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan Facebook hingga saat ini.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo