Zacate, Chip Netbook Buatan AMD Siap Bersaing Lawan Intel



AMD baru saja mendemokan prosesor mobile baru yang terjangkau dan ditujukan untuk netbook dan notebook murah. Demo ini dilakukan di San Francisco dimana pada saat yang sama juga sedang berlangsung juga acara Intel Developer Forum.



Chip ini diberi nama Zacate dan dalam demo tersebut diperlihatkan bahwa kemampuannya mampu menandingi prosesor Intel Core i5 yang lebih mahal dan lebih kompleks dalam kinerja beberapa game PC. Zacate adalah prosesor dual-core dari jajaran Bobcat yang memakai inti grafik DX11. Prosesor ini hanya membutuhkan daya 18W dan bahkan ada model 9W yang disebut sebagai Ontario.

Kedua chip tersebut dibuat oleh pabrikan Taiwan TSMC dengan teknologi silikon 40nm. Ukurannya terlihat lebih kecil dari pada prosesor AMD Phenom II quad-core. Dengan ukuran yang lebih kecil dan daya yang lebih rendah maka diharapkan biaya produksi dapat ditekan sehingga harga prosesor menjadi lebih terjangkau.






Ketika Zacate dibandingkan dalam performa game melawan prosesor Intel Core i5 yang lebih mahal dan biasa dipakai pada notebook kelas menengah, terlihat bahwa prosesor baru AMD tersebut mampu menyaingi bahkan mengungguli kinerja dari Core i5 tersebut. Ini berarti bahwa prosesor Zacate ini jelas mengungguli prosesor Atom yang sekelas dan digunakan pada produk netbook maupun laptop kelas dasar.

Belum diketahui kapan implementasi chip ini pada produk-produk netbook maupun notebook yang akan datang.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo