Virus 'MMS Bomber' Serang Jutaan Pemakai Ponsel

Virus bernama 'MMS Bomber' telah merasuki para pengguna ponsel. Banyak yang menjadi korban dari serbuan virus ini ke jutaan pengguna ponsel di China, menurut laporan dari Beijing Business News.

Virus ini dinamakan "MMS Bomber" dikarenakan ia akan memanfaatkan layanan MMS di ponsel pengguna. MMS Bomber yang sudah menginfeksi maka akan langsung menjalankan koneksi internet secara otomatis dan mengirim MMS yang berisi link URL yang mengandung malware (program jahat) kepada nomor kontak secara random di ponsel tersebut.

National Computer Network Emergency Response Technical Team/Coordination Center China pun telah mengeluarkan peringatan akan ancaman ini. Pengguna diminta waspada dan diimbau untuk meningkatkan sistem keamanan dari alat komunikasinya. Terlebih bagi pengguna ponsel Nokia yang mengusung platform Symbian S60 dan Samsung yang menjadi sasaran utama 'MMS Bomber'.
Virus tersebut menyamar sebagai satu aplikasi, namun begitu terinstalasi, virus itu akan secara otomatis melakukan hubungan dengan Internet dan mengirim pesan MMS yang berisi URL jahat ke banyak telepon genggam secara acak tanpa diketahui pemakainya, dan mengakibatkan kerugian keuangan bagi pemakai HP.

Serangan virus itu pertama kali ditangkap oleh "Mobile Security Center of NetQin Mobile Inc", penyedia utama layanan keamanan telepon genggam, pada awal Februari 2010 lalu. Data statistik perusahaan itu memperlihatkan bahwa sedikitnya 100.000 ponsel sudah terinfeksi.

"Terlihat jelas bahwa virus itu memiliki mekanisme pertahanan diri. Segera setelah menyerang, virus tersebut akan melumpuhkan sistem program manajemen pada HP yang diserang, dan pemakainya takkan dapat menghapus virus itu," kata Dr Zou Shihong, pemimpin ilmuwan di NetQin.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo