iPhone Game Center Vs XBox Live

Tak hanya menyaingi Google, Apple pun mencoba menyaingi Microsoft di bisnis mobile. Persaingan dengan Google di bidang  iAd, dimana iAd merupakan suatu platform iklan yang masuk ke dalam aplikasi iPhone dan iPod Touch. Untuk persaingan dengan Microsoft melalui media game.

Apple menyediakan fitur di dalam iPhone sebuah perangkat Game Center. Di mana Game Center ini memiliki fungsi sebagai layanan yang digunakan pengembang untuk membuat aplikasi berjejaring sosial, misalnya multiplayer game.

Preview GameKit API (application programming interface) yang menyediakan fitur Game Center tersebut tersedia dalam software iPhone OS 4 dan SDK (software development kit).

"Pengguna aplikasi bisa mengundang teman-temannya untuk bermian game bersama, melakukan multiplayer game, bertanding, mengecek hasilnya, dan membandingkan skor tertinggi," demikian penjelasan dalam situs Apple mengenai Game Center.

API untuk mengembangkan aplikasi yang terhubung dengan Game Center sudah tersedia untuk dipakai. Namun, fungsinya baru akan jalan di perangkat iPhone dan iPod Touch mulai akhir tahun nanti.

Game Center bisa jadi jawaban Apple atas XBox Live, layanan kolaborasi game yang dibanggakan Microsoft di perangkat berbasis Windows Phone 7. XBox Live merupakan salah satu elemen utama kekuatan Windows Phone 7 yang mulai tersedia mulai akhir tahun ini. Game Center dan XBox Live kelihatannya bakal bertarung akhir tahun nanti. Siapa yang menang? Tunggu saja.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo