Motorola i1, Pionir Ponsel Andorid "Push to Talk"

Musim panas 2010 bakal menjadi perang bubat kedua ponsel-ponsel Android berkelas. Kalau HTC akan merilis ponsel berbasis Android pertama yang dilengkapi akses Wimax, Motorola akan menjadi pionir Android dengan fitur push to talk.

Namanya Motorola i1. Perangkat tersebut diperkenalkan dalam ajang konferensi telekomunikasi CTIA 2010 di Las Vegas yang kini tengah berlangsung. Motorola i1 akan dirilis Motorola menggandeng operator Sprint Nextell seperti halnya HTC dan bekerja dengan layanan push to talk berbasis jaringan iDEN milik operator tersebut.

iDEN sendiri merupakan teknologi propietary buatan Motorola yang memungkinkan komunikasi dua arah secara bergantian mirip HT atau handy talkie, tetapi melalui kanal digital. Ponsel yang dirilis untuk jaringan iDEN umumnya digunakan para pekerja luar ruangan, seperti pekerja konstruksi dan berbagai jenis industri.

Bentuknya mirip smartphone berkelas pada umumnya dengan layar sentuh berukuran lebar 3,1 inci. Bahkan, ia memenuhi spesifikasi perangkat militer 810F dengan kemampuan tahan guyuran hujan, debu, benturan, suhu tinggi, kabut, uap air, dan tekanan rendah.

Namun, fitur-fitur ponsel standarnya menggunakan Android 1.5, kelas pertama yang biasa disebut Cupcake. Fitur lainnya kamera 5 megapixel, bluetooth, slot card microSD, dan berbagai aplikasi bawaan Google serta akses ke Android Market.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo