Google Luncurkan Layanan Pengaman di Gmail

Google telah meluncurkan fitur baru di layanan Gmail, Rabu (24/03), yang dapat memberitahukan kepada user ketika system komputer mendeteksi aktivitas mencurigakan yang mungkin mengindikasikan account Gmail user telah terinfeksi. Gmail dapat menampilkan informasi di bagian bawah inbox yang menunjukkan waktu aktivitas terakhir di account tersebut dan apakah masih terbuka di lokasi lain. Namun, user sering tidak berpikir untuk mengecek informasi tersebut, menurut Will Cathcart, manager produk Gmail.

Kini Google mengambil satu langkah ke depan untuk menampilkan warning ke user di banner yang besar yang bertuliskan, "warning your acct was accessed from..." dan menspesifikasikan area regional dimana ketika account Gmail diakses, terjadi pula aktivitas tidak biasa yang terdeteksi. “Sebagai contoh, jika user selalu login dari negara yang sama dan saat itu pula terjadi log in dari satu negara lain di dunia, maka hal tersebut adalah aktivitas mencurigakan, Atau jika system mendeteksi salah satu alamat IP mengakses sejumlah account dan mengubah passwordnya, maka akan memacu warning untuk account yang berhasil diakses.” tambah Cathcart.

Setelah menerima peringatan, maka user dapat mengklik link ‘detail’ untuk mendapatkan informasi lainnya, seperti dimana access point terakhir yang digunakan. User dapat mengubah password dari jendela tersebut.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo