Google Android Musuh Utama iPhone


Apple boleh saja menepuk dada atas pencapaian iPhone saat ini. Namun, Apple mesti mewaspadai geliat Google Android yang dinilai sebagai ancaman terbesarnya.

Menurut hasil studi AdMob---yang merupakan milik Google--, secara global, iPhone mengantongi 50 persen pangsa pasar sistem operasi untuk smartphone di bulan Februari 2010.

Dikutip dari ChannelWeb, Rabu (31/3/2010), AdMob menuturkan bahwa OS Google Android terus merangkak naik dan menguasai 24 persen pangsa pasar, sehingga menjadi ancaman terbesar bagi iPhone.

Lalu bagaimana dengan Symbian? Sistem operasi milik Nokia ini berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 18 persen. Sementara, BlackBerry RIM meraih pangsa pasar 4 persen, disusul Microsoft Windows Mobile dengan pangsa pasar 2 persen.

Untuk peta persaingan di Amerika Serikat, hasil studi AdMob menunjukkan bahwa di bulan Februari 2010, OS Apple iPhone merosot ke kisaran 44 persen, dari 55 persen di November 2009. Sebaliknya, Android meroket dari 27 persen menjadi 42 persen.

"Android adalah sistem operasi yang meroket dengan cepat di jaringan AdMob dari tahun ke tahun," jelas studi itu.

Melesatnya pertumbuhan pasar Android ini ikut didongkrak oleh sejumlah perangkat yang mengusungnya, yakni Motorola Droid, Motorola CLIQ dan smartphone HTC. Apakah nantinya Google Android akan mampu menyungkurkan Apple iPhone? Kita lihat saja.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo