FarmVille, Game Terpopuler di Facebook

Game pertanian virtual FarmVille telah menarik sedikitnya 83 juta gamers di jejaring sosial. Hal ini dipicu dengan semakin meningkatnya pengguna jejaring sosial, macam Facebook dan MySpace.

Situs seperti Facebook yang kini memiliki 400 juta pengguna, dan MySpace dengan 100 juta pengguna, cukup berjasa mendorong performa game jejaring sosial.

Padahal, di masa sebelumnya, game seperti ini jarang dilirik. Demikian diungkap oleh CEO Bigpoint.com Heiko Hubert. BigPoint sendiri saat ini telah memiliki 100 juta gamer online.

"Sekarang, melalui jejaring sosial dan game portal berbasis browser, gamers manapun dimungkinkan untuk berbagi pengalaman dan bersaing melawan satu sama lain, seperti halnya game PoisonVille dan Battlestar Galactica Online yang baru akan dirilis," ujar Hubertz.

Sebuah perusahaan game seperti Zynga, BigPoint, Playdom, dan Playfish, yang telah dibeli Electrinics Arts senilai USD400 juta tahun lalu, ternyata mampu menghasilkan pertumbuhan eksponensial dengan menciptakan game biasa yang free-to-play, yang mampu menarik gamer untuk bermain bersama teman-teman mereka secara online. Artinya, pendekatan yang dilakukan para pengembang game adalah kemampuan untuk berinteraksi melibatkan seluruh anggota jejaring sosial.

"Saat ini game pertanian virtual FarmVille besutan Zynga ternyata memiliki pengguna paling besar dengan raihan sekira 82 juta pengguna jejaring sosial di seluruh dunia yang bermain sekali dalam satu bulan, sedangkan setiap harinya, FarmVille dimainkan oleh 32 juta pengguna," ujar pendiri dan editor SocialGameCentral Justin Davis.

FarmVille

Selain FarmVille, Zynga juga telah menciptakan 5 dari 10 game yang cukup menarik di jejaring sosial. Game 'Cafe World', yang kini menempati posisi kedua game ternama di telah menarik sekira 30 juta pengguna setiap bulannya dan 9 juta pengguna setiap hari. Secara keseluruhan, game milik Zynga memiliki 230 juta pengguna aktif.

Sedangkan MySpace, yang saat ini mencoba menarik perhatian pengguna internet untuk mau berkunjung ke jejaring sosial milik News Corp tersbeut, mampu menarik 10 juta gamer dengan game Playdom 'Mobster' dan Zynga 'Mafia Wars'. Bahkan, sekira sepertiga dari pengguna MySpace saat ini lebih suka bermain games.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo