Harga Smartphone Akan 'Semurah Kacang Goreng'?

Saat ini untuk menimang sebuah smartphone, seperti Apple atau BlackBerry, konsumen harus merogoh kocek cukup dalam. Namun, sebuah studi memprediksikan bahwa di tahun 2014 nanti, harga smartphone akan sangat murah yakni sekitar US$100-200 sehingga ibaratnya semurah kacang goreng.

Turunnya harga smartphone ini dipicu oleh meningkatnya jumlah pengiriman smartphone karena tingginya permintaan konsumen. Jika di tahun 2007 hanya sekitar 18 persen smartphone yang ditawarkan pada harga di bawah US$200, di tahun 2014, diprediksikan jumlah smartphone murah akan semakin menjamur.

"Manufaktur melihat adanya peningkatan permintaan smartphone, karena pemahaman konsumer yang lebih baik akan nilai yang ditawarkan smartphone," ujar Kevin Burden, ABI Mobile Devices Practice Director, penyelenggara studi tersebut, seperti dikutip dari PCWorld, Senin (2/11/2009).

Burden melanjutkan,"Hampir semua konsumer terbiasa untuk memilih handset berdasarkan karakteristik fisik hardware bukan dari sisi software. iPhone mengubah hal ini. Kini semakin banyak user yang mulai berbelanja handset berdasarkan sistem operasi dan software yang berjalan di perangkat,"

Di waktu mendatang, diprediksikan harga smartphone dengan harga ponsel konvensional tidak akan terpaut jauh. Oleh karena itu, produsen ponsel harus bisa mengakomodasi dua kelompok konsumer ini, dimana kelompok yang satu murni menginginkan ponsel sebagai perangkat basik dan kelompok yang lain lebih peduli pada apa yang ditawarkan sistem operasi dalam handset tersebut.

"Mungkin kita tidak pernah menjumpai sebuah smartphone dengan harga US$30. Namun seiring berjalannya waktu, smartphone akan mengambil peran penting dalam pasar handset mainstream," tandas Burden.
sumber

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo