Ini Dia, 30 Perusahaan Penguasa Dunia Internet

Internet kini sudah mengalami banyak perubahan infrastruktur dan ekonomi selama 2 tahun terakhir, hingga membuat dominasi dari 30 perusahaan besar. Hal tersebut berdasar study dari Arbor Networks dan University of Michigan. Selama penelitian dua tahun, dari 256 Exabytes (256 Triliun Megabyte) trafik web dari 110 operator kabel, transit backbone, jaringan regional, dan provider content seluruh dunia, telah ditemukan bahwa 30 account hyper raksasa telah menguasasi 30 persen semua trafik.

Menurut Arbor Networks, dalam 2009 Internet Observatory Report miliknya, menyatakan bawha lima tahun lalu trafik Internet masih menyebar ke seluruh dunia secara fair dari sepuluh ribuan enterprise yang mengatur website dan server, namun content hingga hari ini telah beralih ke hosting sangat besar, cloud computing dan provider content.

Lebih jelas lagi diungkapkan oleh Craig Labovitz, ilmuwan Arbor Networks, yang mengatakan bahwa separuh trafik Internet di tahun 2007 dihasilkan dari 5,000 hingga 10,000 perusahaan. Sejak itu, kini hanya 150 perusahaan besar yang ‘bertanggung jawab’ untuk trafik Internet sehari-harinya, termasuk Google, Yahoo dan Facebook.

“Selama 12 tahun Internet hanyalah hubungan koneksi yang dapat diperoleh dari rumah dan kantor. Kini karena koneksi sudah ada dimana-mana dan harga Internet sudah turun, maka inovasi yang terjadi, terutama untuk content Internet, yang semakin dekat ke konsumen dan pelaku bisnis. Oleh karena content semakin cepat dan semakin berkualitas baik, maka akan semakin menarik enterprise dan konsumen. Ini mungkin yang dinamakan era kedua Internet.“ ungkap Labovitz.

sumber: beritaNET

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo