Ilmuwan Temukan Cara Ciptakan Sel Jantung Buatan

Dunia sains kini tengah gencar mengembangkan teknologi sel induk untuk berbagai keperluan, terutama dalam bidang medis.

Saat ini, ilmuwan tengah berupaya mencari cara untuk mengubah sel induk menjadi jenis-jenis sel jantung yang mereka inginkan. Mereka mengklaim telah menemukan langkah penting dalam membuat sel jantung.

Melalui eksperimen yang dilakukan pada tikus, Kenneth Chien dan timnya dari Harvard Stem Cell Institute, Massachusetts, menemukan sel yang bisa meningkatkan kinerja otot bilik jantung yang bertugas memompa darah ke jantung.

Mereka kemudian menggali penemuan ini untuk mengubah sel induk dari darah atau kulit menjadi jaringan yang penting pada jantung.

"Penemuan ini merupakan tahap awal dalam pembuatan sel jantung," kata seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/10/2009).

"Tubuh kita memiliki sel murni yang dapat dikembangkan dan menjadi serat otot yang berfungsi dengan baik," tambahnya.

Sel induk ibarat sel master yang memiliki peran penting terhadap sel-sel lainnya. Mereka dapat dikembangkan di laboratorium.

Sel ini bisa dibuat dari jaringan yang terdapat pada jantung, tulang, darah dan sel lainnya. Chien dan timnya membuat sel jantung buatan pada tikus yang dikembangkan dari bilik jantung bagian kanan.

Mereka kemudian memanfaatkan sel buatan tersebut untuk membuat jaringan yang dapat membantu penderita lemah jantung dapat memompa darah dengan baik.

Karena struktur jantung mamalia sangat mirip, makan para ilmuwan pun optimis metode yang diujicobakan pada tikus ini dapat pula diterapkan pada jantung manusia.

sumber: okezone

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo