'Googling' Diklaim Bikin Otak Tangkas

Aktivitas 'googling' ternyata bisa membantu memperlambat Dementia. Bahkan dinyatakan oleh para peneliti dari UCLA, aktivitas pencarian online ini lebih efektif daripada kegiatan membaca dalam hal perbaikan fungsi otak.

Dementia alias penurunan kecerdasan otak biasanya dialami oleh orang usia lanjut. Namun dengan aktivitas yang berhubungan dengan dunia maya ini, laju dementia bisa diperlambat.

Tim yang dipimpin oleh Professor Gary Small dari Universitas California Los Angeles (UCLA) menemukan fakta bahwa pencarian di internet bisa memicu kinerja otak karena melibatkan beberapa proses mental secara bersamaan. Proses tersebut termasuk mengingat, memahami dan menganalisa hasil.

"Pencarian online bisa menjadi wujud sederhana dari pelatihan otak yang bisa memperkaya kognitif seseorang," ungkap Teena Moody, salah satu peneliti dari UCLA, dikutip dari Telegraph, Selasa (20/10/2009).

Untuk mendapatkan hasil di atas, mereka telah meneliti 24 orang berusia di antara 55-78 tahun. Mereka diminta untuk melakukan pencarian secara online, selagi peredaran darah di otak mereka dimonitor dengan scanner.
sumber

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo