Facebook dan Twitter Bakal Singkirkan Dominasi Google?

Sean Parker, manager partnet di Founder Fund, memberikan percakapan menarik dalam acara Web 2.0 Summit di San Fransisco. Kata kuncinya berupa Facebook, Twitter, Apple, dan eBay yang akan mendominasi pergerakan web, dan satu perusahaan yang tidak menjadi dominator lagi adalah Google. Kenapa?

Menurut Parker, dari pergerakan fase pertama Internet telah didominasi oleh apa yang dinamakan ‘layanan informasi’. Para dominator tersebut seperti Google dan Yahoo. Namun, semakin ke depan dominasi web akan menjadi ‘layanan jaringan‘ seperti Facebook dan Twitter. Lebih jelasnya, Google akan tetap menjadi perusahaan besar, namun dominasinya akan menurun karena kumpulan data menjadi lebih tidak berguna dibandingkan hubungan orang ke orang, tambahnya.

Parker mencatat bahwa portabilitas data adalah pengalih perhatian. Portabilitas data sangat mudah dibuat oleh converter. Sedangkan Facebook juga banyak dikritik karena banyaknya setting permission data dibandingan jejaring social lainnya. Hal tersebut bukanlah hal buruk, namun justru membantu dominasi Facebook, karena memaksa user lain untuk join mereka, tambah Parker.

Parker juga menjelaskan, bahwa Friendster bukan ‘menghilang’ namun karena banyak fitur yang kurang menarik user. Sedangkan untuk MySpace memiliki kegagalan sistematik produk, tambah Parker. Dan Facebook pintar untuk launching di tengah-tengah jaringan kampus, yang membantu penyebaran Facebook dengan cepat dan alami. Menurut Parker, tidak semua produk terbaik akan menang, seperti Craiglist, MySpace, AIM dan eBay yang memiliki desain kurang bagus. Namun, situs tersebut sangat populer karena jaringan mereka yang kuat untuk menutupi produk jelek mereka.
sumber

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo