Tangkis Spam, Google Caplok reCAPTCHA

Raksasa internet Google mencaplok reCAPTCHA, sebuah perusahaan teknologi yang menangani perlindungan situs dari spam dan penipuan. Selain itu, reCAPTCHA juga membantu proses digitalisasi buku.

Dikutip detikINET dari Xinhua, Kamis (17/9/2009), reCAPTCHA adalah penyedia teknologi CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart), yang sering digunakan berbagai website yang meminta user mengetik huruf atau digit.

Teknologi tersebut berfungsi untuk menentukan apakah user adalah manusia atau komputer sehingga bisa mencegah serangan spam atau program jahat. reCAPTCHA juga diharapkan mempermudah proyek digitalisasi buku Google.

Google saat ini memang getol mengembangkan berbagai proyek seperti digitalisasi buku cetak. Buku tersebut discan secara fotografis, dengan imej huruf-hurufnya ditransformasi menjadi teks dengan teknologi bernama character recognition (OCR).

Masalahnya, OCR tidak sempurna dan terkadang tidak dapat membaca kata-kata dalam gambar. Nah, layanan reCAPTCHA digadang-gadang meningkatkan proses ini dengan mengirimkan imej kata yang tak bisa dibaca ke situs partner dan hasilnya akan dikirim kembali.

Dalam blognya, Google menyatakan bakal menerapkan teknologi reCAPTCHA bukan hanya untuk meningkatkan perlindungan dari spam dan penipuan di produk Google, namun juga untuk meningkatakan proses scan buku dan koran.

sumber: detikINET

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo