Tambahan Frekuensi 3G Segera Datang

Menkominfo NuhTelkomsel dan Indosat bisa segera menggenapkan spektrum 3G miliknya menjadi 10 MHz setelah melunasi invoice up front fee lisensi tambahan frekuensi seharga Rp 160 miliar.

Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Mohammad Ridwan Effendi, menjelaskan penambahan frekuensi bisa segera terealisir. Sebab, menurutnya, Departemen Keuangan (Depkeu) telah menyetujui proposal yang diajukan oleh kedua operator seluler 3G tersebut.

"Saat ini surat persetujuan dari Depkeu sudah ada di tangan Menkominfo Mohammad Nuh. Setelah (Telkomsel dan Indosat) membayar, mereka bisa mendapatkan lisensi untuk frekuensi tambahan 3G tahun ini juga," ungkapnya kepada detikINET, Rabu (2/9/2009).

Telkomsel dan Indosat merupakan dua dari lima operator seluler 3G yang menyambut tawaran pemerintah soal penambahan 5 MHz frekuensi 3G. Sementara ketiga operator lainnya, Excelcomindo Pratama (XL), Natrindo Telepon Seluler (Axis), dan Hutchison CP Telecom (Tri/3), belum dapat menyanggupi harga yang ditawarkan untuk tahun ini.

Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dan Chief Sales Officer Indosat Syakieb A Sungkar, sebelumnya menyatakan ketidaksabarannya untuk segera menambah frekuensi demi meningkatkan kapasitas jaringan 3G yang diusungnya masing-masing.

"Kami ingin segera membayar, namun masalahnya invoice untuk penagihan belum kita terima. Begitu kami dapat, pasti kami bayar," begitu keduanya berucap, beberapa waktu lalu.

Telkomsel sendiri telah memiliki delapan juta pelanggan 3G aktif, dimana satu juta di antaranya merupakan pengguna modem broadband Flash. Operator ini menyalurkan trafik 2000 terabit per bulan atau sepertiga dari kapasitas total yang dimiliki, 6000 terabit.

Sementara Indosat, saat ini punya tiga juta pelanggan 3G aktif dimana 450 ribu di antaranya menggunakan modem broadband IM2. Indosat menyalurkan trafik data 100 terabit per minggu atau sekitar 400 terabit per bulan.

Sedangkan dari tiga operator 3G yang belum menambah frekuensi, cuma XL yang trafiknya paling besar. Operator ini memiliki enam juta pelanggan 3G, namun cuma 20 ribu yang menggunakan modem broadband 3G XL. Meski demikian, XL juga memiliki 20 ribu pengguna internet unlimited.

"Sehingga total trafik yang kami salurkan kurang lebih setara dengan trafik data Indosat tiap minggunya," tandas Direktur Jaringan XL, Dian Siswarini, juga pada beberapa waktu yang lalu.

sumber: detikINET

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo