Pertumbuhan Lalu Lintas Data Bakal Kalahkan Voice

paket dataPerkembangan telekomunikasi diperkirakan akan menghadirkan tren baru, yaitu penggunaan layanan data yang akan melampaui layanan voice.

Manajer Indosat Regional Kalimantan Hari Sukmono mengatakan, pesatnya perkembangan trafik data dibanding voice karena didukung oleh vendor-vendor telekomunikasi yang melalukan upgrade teknologi di perangkat lunak ponsel.

"Vendor maupun operator telekomunikasi melihat ada peluang pasar yang sangat besar yang bukan lagi di percakapan, melainkan di transfer data. Di Kalimantan saja terjadi pertumbuhan trafik data sebanyak 100 persen dibandingkan voice yang hanya 30 persen," ungkap Hari Sukmono, Senin (7/9/2009) kemarin.

Menurut Hari, permintaan transfer data tumbuh lebih dari 100 persen, dalam kurun waktu 3 bulan selama 2009 ini. Sebaliknya, untuk kebutuhan percakapan malah terjadi pertumbuhan rata-rata 30 persen.

"Kami mencatatnya dari kota-kota besar saja, seperti Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, dan Pontianak. ARPU (average revenue per unit) masing-masing orang untuk percakapan lebih rendah dari transfer data," kata Hari.

"Perkembang pesat ini tidak lepas dari vendor yang terus mengembangkan berbagai teknologi termasuk piranti lunak yang diaplikasikan pada piranti kerasnya, yang ternyata sangat diminati konsumen, seperti booming Facebook dan chatting," lanjut Hari.

Pendukung lainnya adalah kemampuan piranti selular yang mampu mengakses internet dan transfer data berformat gambar. Rupanya kebutuhan konsumen pada hal-hal seperti ini mulai semakin meningkat.

"Jadi persaingan ke depan nanti adalah vendor atau operator mana yang palng siap memiliki tawaran transfer data dengan layanan terbaik dan tercepat, itu yang dicari. Orang akan meninggalkan mana yang murah, tapi mencari mana yang paling cepat dan tidak putus-putus," kilah Hari.

sumber: okezone

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo