Fenomena Facebook yang Spektakuler

Fenomena Facebook yang SpektakulerSiapa yang tidak mengenal Facebook? Hampir semua orang di dunia mengenal layanan jejaring sosial ini. Facebook benar-benar memiliki kekuatan yang luar biasa, bahkan memiliki power yang mengelora se-heboh Google Adsense.

Lebih hebat lagi, Facebook mampu melebihi Friendster yang sekedar sharing foto dan jaringan sosial. Facebook pun lebih hebat dari Yahoo Messenger yang sekedar Chatting, email dan komunitas. Bahkan Facebook lebih hebat dari Wordpress atau Blogspot yang hanya sekedar blog.

Facebook mampu menyedot perhatian segala kalangan masyarakat awam, yang notabene tidak mengenal internet, menjadi mengenal internet, menjadi hobby berinternet, bahkan kecanduan berinternet. Hal ini seiring dengan teknologi ponsel yang sudah internet ready, camera ready, dan tentunya Facebook Ready.

Segmentasi penguna internet menjadi meningkat tajam bahkan luar biasa. Selain itu, dengan Facebook, kita juga mampu membangun jaringan untuk membentuk suatu kelompok bisnis ataupun kelompok organisasi. Yang lebih hebatnya, kita mampu membentuk kekuatan massa, termasuk massa politik (Barrack Obama, Presiden SBY, dan masing-masing capres membentuk jaringan massa pendukung lewat facebook). Tidak ketinggalan, berbagai organisasi profit maupun nonprofit ramai-ramai melakukan link ke Facebook agar tidak ketinggalan teknologi informasi ini.

Keberadaan Facebook kini berhubungan erat dengan ponsel. Hal ini disiasati operator telekomunikasi yang mulai berlomba-lomba membidik Facebook sebagai daya tarik layanan mereka. Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh produsen ponsel.

Lalu mengapa bisa sampai begitu besar pamor Facebook di mata dunia? Pada dasarnya, setiap orang itu bangga dengan dirinya, bangga dengan foto diri, bangga dengan wajahnya serta bangga dengan momen-momen terbaiknya sehingga sangat memuaskan batin jika kebanggaan tersebut dapat di lihat oleh orang lain, bahkan jutaan orang di internet.

Ini adalah sifat dasar manusia yang kemudian mendorong Facebook untuk menjadi candu dalam diri sendiri. Dengan kata lain, Facebook menjadi sebuah media berekspresi bagi para narsis di seluruh dunia.

Facebook pun memiliki fitur dan konten yang sangat variatif dan inovatif (termasuk fitur games, survey, aplikasi, dan lainnya). Hal ini pula yang menjadikan Facebook banyak diminati orang sehingga menjadi media promosi yang luar biasa. Semakin banyak peminat Facebook berarti semakin kuat daya tarik Facebook terhadap masyarakat. Sehingga daya tarik pasar/konsumen juga sangat kuat sehingga media promosi atau media periklanan di Facebook ini juga sangat diminati oleh penyedia produk, jasa maupun solusi.

Akhirnya, isu bahwa biaya koneksi internet di waktu mendatang gratis bagi semua masyarakat akan menjadi kenyataan. Pasalnya, nantinya biaya operasional sudah bisa dipenuhi oleh layanan atau konten internet itu sendiri. Di antaranya pendapatan dari biaya pemasangan iklan, maupun promosi produk.

Hal ini sudah mulai terlihat dari layanan Facebook.


Penulis adalah Moderator Yogyafree white hacker, Nathan Gusti Ryan

sumber: okezone

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo