Ini Dia Smartphone Paling Laris

blackberryIDC mengeluarkan daftar smartphone paling laris di AS. BlackBerry dan iPhone mendominasi daftar itu, sementara Nokia, Samsung dan Motorola tidak masuk di dalam daftar.

Laporan IDC menunjukkan penjualan ponsel global turun 10,8% pada Q2 dibandingkan Q2 2008. Sebaliknya smartphone tumbuh pesat, meskipun analis IDC memberi cacatan persaingan akan menajam dan perang harga akan berkobar.

“Permintaan ponsel high end telah menyebabkan perang harga di antara operator dan vendor ponsel. Pemotongan harga iPhone 3G menunjukkan trend akan terus berlanjut di triwulan berikutnya dan harga akan kompetitif di pasar yang sudah dewasa," kata IDC.

Dari daftar yang dirilis IDC, handset BlackBerry yang paling mendominasi. BlackBerry Curve diurutan pertama diikuti Apple iPhone 3GS, BlackBerry Pearl, Apple iPhone 3G, BlackBerry Bold, BlackBerry Storm, HTC Google G1, Palm Pre, HTC Touch Pro, HTC Touch Diamond.

Tidak mengejutkan BlackBerry dan Apple mendominasi enam teratas. Namun Curve dan Pearl tersedia di hampir semua operator AS sedangkan iPhone terbatas pada AT&T.

Sementara HTC juga menunjukkan kekuatannya lewat Android (G1) dan dua ponsel Windows Mobile (Touch Pro dan Touch Diamond). Sementara Palm sudah berhasil masuk di daftar itu meskipun baru memasarkan Pre pada 6 Juni.

Sementara yang perlu dicermati adalah terpentalnya beberapa vedor besar Nokia, Samsung dan Motorola. Namun ketiga merek ini diperkirakan akan menunjukkan pencapaian baik di paruh kedua tahun ini. Walaupun tekanan akan berat setelah iPhone dan BlackBerry keduanya memegang pasar secara ketat.

Sebelumnya analis Bernstein, Toni Sacconaghi melaporkan iPhone bisa memecahkan rekor penjualan US$20 juta di 2009, serta tumbuh menjadi US$50 juta pada 2011, akibat pertumbuhan pasar smartphone secara umum di mana Apple terus mengembangkan ke lebih banyak operator termasuk masuk ke China.

Sumber: inilah

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo