Bajak Laut Internet Kembali Bangkit

Pirate BayMati satu tumbuh yang lain. Karamnya kapal bajak laut internet, Pirate Bay, beberapa waktu lalu ternyata tidak menandakan berakhirnya riwayat torrent dengan koleksi arsip yang luar biasa banyak ini.

Sebuah kembaran situs BitTorrent tracker terbesar di dunia ini bahkan telah muncul. Beralamatkan di btarena.net, situs ini siap menyediakan layanan ilegal dengan jeroan yang mirip dengan Pirate Bay. Mungkin juga, pendirinya sudah siap untuk dituntut jika ada pihak yang menggugatnya.

Meski memiliki wajah yang sekilas mirip, namun sebenarnya situs ini tidak seratus persen sama. Dikutip detikINET dari Mashable, Senin (24/8/2009), walaupun ia telah mengkopi hampir keseluruhan situs Pirate Bay yang asli, beberapa layanan seperti misalnya link ke konten yang terkait, tidak tersedia.

Tetapi siapa yang peduli. Mereka memiliki torrent dan dengan inilah para user bisa tetap bisa mengunjungi situs tersebut, seolah-olah tidak pernah ada kasus 'pembunuhan' Pirate Bay yang menyebabkan pendirinya masuk penjara beberapa waktu lalu.

Masih diragukan, apakah situs ini akan mampu untuk menyamai kepopuleran sang bajak laut internet yang fenomenal tersebut. Tapi yang pasti, kelahiran btarena.net membuktikan bahwa kematian satu fasilitator P2P, malah akan menyebabkan kelahiran fasilitator yang lain dan ia akan mengambil alih peran sebelumnya.

sumber: detikINET

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo