Microsoft Saingi Google Di bidang Search Engine

Microsoft sebagai perusahaan raksasa baru-baru ini melakukan inovasi terhadap mesin pencariannya dengan melakukan peluncuran mesin cari Bing. Mesin pencarian ini diharapkan untuk mengalahkan dominasi Google. Software Bing dibuat dengan biaya jutaan dollar, hal ini tentunya membuat pihak Google menjadi waspada.

Dikutip dari AFP, Jumat (29/5/2009), Bing rencananya sudah bisa digunakan di seluruh dunia pekan mendatang. Peluncuran Bing bersamaaan dengan tren di dunia pencarian online di mana para penyedia layanan coba menghadirkan informasi sesuai keinginan konsumen.

Bing yang dirilis oleh Chief Executive Microsoft, Steve Ballmer ini akan mennggantikan MSN Live Search yang selama ini gagal bersaing. Analis Matt Rossof dari firma Directions On Microsoft pun menilai Bing memang lebih baik dari MSN Live, namun tampaknya tidak melebihi Google.

"Microsoft ingin memberi Anda lebih banyak informasi tanpa harus mengklik terlalu banyak situs. Saya memang menyukainya namun itu tidak akan membuat saya beralih dari Google sepenuhnya," kata Rossof.

Sementara menurut analisis Forrester, Bing potensial akan melahap pangsa pasar Yahoo dan bukan Google karena orang sudah begitu terbiasa memakai Google

Bing antara lain ditujukan untuk mempermudah belanja online, menolong orang membuat keputusan tertentu dan juga merancang perjalanan dengan menghadirkan informasi komplet. Misalnya, pengguna yang memakai Bing untuk berbelanja online secara otomatis akan disediakan review produk yang diminatinya.

Fitur lain yang jadi andalan adalah 'BestMatch' untuk mengidentifikasi jawaban yang dinilai paling mendekati informasi yang diinginkan. Sedangkan 'Quick Tabs' bakal muncul otomatis di hasil pencarian Bing untuk menghadirkan informasi lengkap mengenai suatu topik.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo