Tes Kekuatan Password dengan Brute Froce Calculator


Password merupakan hal yang penting untuk sebuah aplikasi dan layanan, dengan adanya password diharapkan agar orang-orang yang tidak berkepentingan untuk mengakses aplikasi dan layanan tidak dapat mengaksesnya.

Jika kita ingin menguji kekuatan password kunjungi saja situs bernama hackosis ini dan jajal layanan menariknya yang bertajuk Brute Froce Calculator. Aplikasi PHP Open Source berbasis spreadsheet Excel buatan Mandylion Labs tersebut akan menanyakan hal detail mengenai informasi (bukan password itu sendiri). Nah, memanfaatkan informasi yang kita berikan dan sejumlah jurus komputasi kilat bak kung fu, kita akan memperoleh gambaran berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh seseorang untuk memecahkan kata kunci yang kita gunakan.

Metode yang digunakan oleh kalkulator canggih ini pada dasarnya sih mencoba segala macam kombinasi yang masuk akal sampai password yang tepat ditemukan. Laximnya, kata kunci yang banyak menggunakan banyak karakter, huruf besar, huruf kecil, dan angka akan semakin sulit ditebak. Sebagai informasi, atau computer bisa membobol password yang terdiri dari tujuh huruf kecil dan satu angka dalam waktu 29 menit.

Sementara kata kunci yang mengandung tujuh huruf besar, tujuh huruf kecil, satu angka, dan satu karakter khusus bisa memakan waktu hingga 3.129.145.610,89 hari untuk ditemukan oleh mesin tunggal.
Bagi kita yang memakai banyak aplikasi web, password yang aman dan kuat sangat penting artinya. Bahkan jika kita menggunakan layanan pembuat password seperti LastPass, tak ada salahnya menguji keampuhan di Hackosis yang beralamat di hackosis.com/projects/bfcalc/bfcalc.php

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo