Pro Kontra Program OLPC


Sebuah anak perusahaan organisasi non-profit One Laptop Per Child (OLPC) di Australia, menjelaskan kalau mereka akan memulai program lokal yang bertajuk: “Give 1, Get 1”, pada tanggal 30 November 2008, sehingga memberikan XO laptop untuk para geeks dan anak-anak yang kurang beruntung.

Inisiatif pemberian XO laptop untuk anak-anak yang jauh dari pusat Australia atau Kepulauan Pasifik, akan diberikan untuk setiap XO laptop yang dibeli. Biaya untuk sebuah XO laptop adalah USD 399 (ditambah pajak dan pengiriman). Pembelian perangkat ini sendiri dapat dipesan secara online.

Meski program ini sangat fantastic, namun tidak semua orang berpikir keuntungan yang didapat dari program ini. Jeff Waugh, seorang open source terkenal dari Australia mengatakan, program “Give 1, Get 1”, lebih tepat sebagai sebuah upaya proyek yang didukung oleh OLPC cabang US.

Menurutnya, program “Give 1, Get 1” hanya menambah pendapatan dan meningkatkan jumlah laptop produksi OLPC, sehingga laptop menjadi lebih murah karena pembuat dapat memproduksi jumlah XO laptop yang lebih banyak. Namun demikian, Waugh juga menjelaskan dukungan yang diberikan oleh komunitas open source Australia yang banyak terlibat untuk mengembangkan proyek OLPC.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo