Samsung Berencana Mengakuisisi SanDisk

samsung logo
Ketika membicarakan industri memory Flash, nama seperti Toshiba, SanDisk dan Samsung selalu hadir pertama. NAND flash yang merupakan jenis flash memory paling popular saat ini kembali menjadi rebutan tiga perusahaan tersebut. Dengan produksi flash NAND yang semakin meningkat dan harga yang semakin murah, banyak pabrikan yang lebih banyak mencari pasar lebih luas serta menurunkan harga.

Samsung, yang merupakan pemimpin pasar NAND flash, menurut Reuters sedang mengincar SandDisk untuk proses akusisi. Samsung mulai tertarik dengan SandDisk pada saat nilai saham SandDisk jatuh lebih dari USD 33 pada bulan Mei 2008 ke US 13.46 pada bulan September 2008. Pembelian SanDisk juga dapat merduksi biaya lisensi yang Samsung bayar ke kompetitornya. Samsung saat ini membayar lisensi ke SanDisk sekitar USD 354 juta per tahun.

Jika SanDisk di akusisi Samsung, pihak yang merugi adalah Toshiba. Toshiba telah mempunyai rencana untuk memperbesar pabriknya dengan menggandeng SanDisk. Jika Toshiba dapat bkerja sama dengan SanDisk, Toshiba dapat saja mengalahkan Samsung dalam perebutan NAND flash. Selain Samsung, ternyata Seagate pabrikan pembuat hard drive juga tertarik untuk mengakusisi SanDisk, demi terjun ke pasar Solid-State Drive (SSD).

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo