IBM Berencana Menggunakan Teknologi Chipset 22nm

ibm-logo
IBM merencanakan untuk membuat teknologi chipset 22 nanometer yang berlandaskan pada kecenderungan chipset mini disertai dengan kecepatan dan memberikan efesiensi energi. Intel saat ini pembuatan chipsetnya dari 65nm berubah menjadi 45nm, sedangkan untuk AMD mulai menggunakan chipset 45nm setelah perempat tahun ini.

Hal yang sering dilakukan oleh pembuat chipset baik itu Intel maupun AMD yaitu setelah penggunaan chipset berukuran 45nm lalu menggunakan chipset berukuran 32nm, setelah itu baru menuju ke produksi chipset 22nm dengan ukuran yang lebih kecil.

Dewasa ini teknologi konvensional untuk memproduksi chip semikonduktor didasarkan pada proses cetakan dengan menggunakan foto yang terdiri dari bayangan material menggunakan cahaya sensitif. Teknologi chipset 22nm merupakan perkembangan terakhir dalam dunia prosesor. Menurut Subu Iyer seorang insinyur chipset dari IBM mengatakan “satu panjang gelombang cahaya sebanding dengan ukuran 22nm, namun untuk membuat chipset 22nm banyak kendala yang dihadapi. Solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu menggunakan cahaya dengan panjang gelombang 193nm dengan menggunakan radiasi tinggi menggunakan sinar ultraviolet.

Mitra IBM mengumumkan dukungan mereka untuk mendukung Computational Scaling, termasuk Mentor Graphics dan Toppan Printing. Dengan adanya Could computing membuat efesiensi energi pada web servis dan memberikan fleksibilitas tinggi pada pengguna web. Teknologi chipset IBM akan terus dikembangkan melalui sistem Computational Scaling.

0 comments:

Copyright © 2012 Berita IT.
Blogger Template by Clairvo